Empat Robot Anjing Menyeramkan Ini Berkeliaran di Kampus di Thailand

Telset.id, Jakarta – Empat robot anjing menyeramkan buatan Universitas Chiang Mai Thailand terlihat berkeliaran di kampus. Robot anjing menyeramkan itu berperilaku bak hewan asli.

Melalui unggahan video di Facebook, Fakultas Teknik Robotika dan AI Universitas Chiang Mai pamer ketangkasan empat robot anjing yang bermain  di lapangan kampus.

Dalam hal inovasi teknologi, robot-robot itu patut mendapatkan acungan jempol. Namun, muncul pertanyaan, apakah mereka mengadopsi teknologi Boston Dynamics?

Boston Dynamics kondang sebagai produsen robot serupa. Produk Boston Dynamics sangat mirip dengan robot-robot hewan berkaki empat karya Universitas Chiang Mai.

BACA JUGA:

Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa robot menyeramkan itu ada. Pertama, ukurannya yang kecil bisa sangat berguna dalam membantu melakukan pencarian orang hilang.

Mereka bisa membantu menemukan orang dalam situasi bencana. Mereka juga bisa untuk mengangkut berbagai muatan melintasi jarak jauh dan medan sulit.

Dengan kata lain, penggunaan robot seperti itu dalam melakukan hal-hal sulit dan memakan waktu merupakan pilihan manusiawi daripada menggunakan hewan hidup.

Unggahan video empat robot itu di Facebook sontak mengundang banyak komentar. Para pengguna Facebook memberi penilaian masing-masing soal keberadaan mereka.

Ada pengguna Facebook yang memberi referensi penamaan robot-robot dengan nama mendiang maskot universitas, seekor anjing bernama Pi Tia. Ia meninggal tahun lalu.

Pengguna lain Facebook menyebut anjing-anjing itu sebagai Tiaminator. Alasannya, mereka adalah hewan-hewan dari besi dan rangkaian kabel seperti di film Terminator.

Sebagai informasi, perusahaan robotika Boston Dynamics juga mengembangkan robot serupa dengan nama SpotMini. Perusahaan ini bahkan sudah mengumumkan siap menerima pesanan robot anjing tersebut.

Menariknya, robot tersebut dibanderol lebih murah ketimbang sebuah mobil. Siapapun peminat robot anjing SpotMini bisa langsung menuju ke halaman produk resmi Boston Dynamics dan mengirimkan permintaan pemesanan.

BACA JUGA:

Boston Dynamics mengklaim, robot ini dapat membantu konsumen, khususnya industri konstruksi, untuk mempercepat proses manufaktur maupun tugas-tugas para karyawan di bagian produksi.

SpotMini juga bermanfaat bagi mereka yang bergerak di industri minyak dan gas. Ia mampu menjalankan tugas-tugas rawan yang selama ini belum bisa dilakukan oleh manusia karena terkait keselamatan.

Robot ini pertama kali diperkenalkan pada Juni 2016. Saat itu, versi pertama memiliki tubuh yang lebih besar dan leher panjang mirip jerapah dan dapat mengerjakan beberapa pekerjaan rumah.

Boston Dynamics mengklaim, SpotMini bisa mencuci piring, membuang sampah, dan menaiki tangga. Lucunya, robot tersebut diuji keseimbangan dengan sengaja dibiarkan jatuh terpeleset karena kulit pisang. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0