10 Cara Mencegah Kecanduan HP pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Telset.id – Perkembangan teknologi membuat anak-anak zaman sekarang mudah mengakses gadget seperti smartphone dan tablet. Namun Anda sebagai orang tua jangan khawatir karena ada beberapa cara mencegah kecanduan gadget pada anak.

Harus diakui kalau anak-anak semakin pintar dalam mengoperasikan gadget. Walaupun masih kecil, mereka sudah mampu bermain game, menonton video atau membuka media sosial di gadget mereka.

Prilaku tersebut sepintas membuat Anda bangga, karena anak dianggap sudah melek teknologi. Namun, jika tidak diawasi gadget bisa menjerumuskan anak pada prilaku kecanduan terhadap perangkat tersebut.

Untuk itu Anda harus mencegah anak kecanduan gadget sedini mungkin. Tujuannya agar anak tidak mendapatkan dampak buruk dari gadget seperti gangguan penglihatan, menjadi malas untuk bersosialisasi dengan masyarakat dan lain sebagainya.

Dalam tulisan kali ini, tim Telset.id akan membagikan 10 cara untuk mencegah dan menghindari anak dari kecanduan gadget atau smartphone yang bisa diaplikasikan oleh para orang tua. Yuk simak!

1. Menjaga Intensitas Komunikasi Sehari-hari

Kecanduan gadget anak

Komunikasi merupakan aspek penting dalam mengasuh anak. Orang tua perlu membangun kepercayaan agar anak merasa nyaman saat berada dengan kita para orang tua. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi kita untuk mendidik anak, termasuk dalam hal penggunaan teknologi.

Baca juga: 24 Negara Ini Penduduknya Kecanduan Smartphone, Ada Indonesia?

Ketika anak telah memiliki rasa kepercayaan, mereka akan memperlakukan orang tua sebagai penasihat yang mereka hormati.

Selain itu, para orang tua pun harus memiliki quality time bersama sang anak melalui pemakaian gadget, seperti memberikan tips saat mereka bermain game hingga memulai komunikasi dengan kontak yang dikenal.

Hal ini sederhana tetapi ampuh sebagai salah satu cara mencegah kecanduan gadget pada anak.

2. Membatasi Penggunaan Gadget 

Kecanduan gadget anak

Segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik, tidak terkecuali dalam hal teknologi untuk anak. Meskipun kita memantau aktivitas online mereka, bukan berarti anak terhindar dari risiko kecanduan bermain gadget.

Ada banyak cara untuk membatasi penggunaan teknologi pada anak, guna mencegah anak kecanduan gadget.

Misalnya,  orang tua dapat membuat jadwal kapan sang anak dapat dengan bebas menggunakan gadget, seperti saat akhir pekan misalnya.

Baca Juga: 12 Game Anak Terbaik di Android 2022, Bermain Sambil Belajar

Orang tua juga bisa menggunakan strategi “reward” ketika sang anak mendapatkan nilai bagus atau saat mereka melakukan perbuatan baik. Tidak hanya mencegah anak dari kecanduan teknologi, tetapi kita juga dapat menggunakan tips berikut sebagai cara untuk membuat anak lebih patuh.

3. Melakukan Aktivitas Bersama

Gadget Anak

Ada banyak cara untuk mengajarkan anak tentang bagaimana memanfaatkan teknologi. Salah satu cara terbaik menurut kami, adalah dengan menggunakannya bersama.

Dengan melakukannya, kita sebagai orang tua tidak perlu khawatir kalau penetrasi teknologi akan menjauhkan kita dengan anak. Sebab, orang tua masih terlibat dalam aktivitas digital sang anak.

Baca Juga: 8 Tips Mengatasi Kecanduan Media Sosial, Hidup jadi Tenang

Orang tua juga bakal membuat anak merasakan kehadiran kita bersama mereka. Hal ini, membuat anak-anak jauh lebih aman dan nyaman saat menggunakan teknologi.

4. Memanfaatkan Aplikasi dan Perangkat Child-friendly

gadget anak

Menjadi orang tua di era digital sebenarnya merupakan sebuah keberuntungan. Sebab, sebagai orang tua, kita dapat memanfaatkan aplikasi maupun perangkat yang dapat membantu kita untuk mengontrol dan menjaga anak dengan mudah.

Dengan memilih aplikasi dan perangkat yang benar, orang tua bisa memanfaatkannya untuk mengajar dan melindungi anak dari kejahatan teknologi yang bisa digunakan dalam bentuk perangkat atau aplikasi.

5. Ajak Anak Olahraga 

gadget anak

Demi mengurangi aktivitas anak dengan gadget, maka Anda harus mengajak mereka untuk melakukan aktivitas fisik. Cara mencegah kecanduan gadget pada anak ini bakal membuat anak teralihkan dari gadget ke aktivitas fisik seperti olahraga atau bermain permainan tradisional.

Lakukan hal ini secara rutin setiap harinya, agar anak menyadari kalau bermain secara langsung dengan orang tua atau teman lebih seru dibandingkan bermain di smartphone atau tablet.

Selain itu dengan mengajak anak-anak untuk beraktifitas fisik, secara otomatis bisa mendukung tumbuh kembang anak.

6. Orang Tua Harus Menjadi Contoh yang Baik 

gadget anak

Anak adalah individu yang kerap meniru prilaku orang tua. Misalnya ketika orang tua suka membaca buku maka anak akan suka membaca buku. Begitu pun dengan gadget.

Jadi untuk mencegah anak kecanduan gadget, maka Anda harus menjadi contoh dengan ikut mengurangi penggunaan gadget sehari-hari.

Misalnya tidak membuka HP ketika sedang makan, atau saat sedang bersantai di ruang keluarga. Bahkan tidak bermain game di depan sang anak. Usahakan Anda hanya mengakses smartphone ketika ada pesan yang masuk atau panggilan telepon.

Dengan begitu, anak Anda akan dapat meniru prilaku orang tua dan secara perlahan bisa mengurangi aktivitasnya terhadap gadget.

7. Jangan Meletakan Gadget Sembarangan 

gadget anak

Tidak bisa dipungkiri kalau Anda sering meletakan smartphone atau tablet sembarangan di rumah. Alasannya mungkin karena rumah dianggap sebagai tempat yang aman sehingga bisa bebas meletakan gadget di man saja

Padahal prilaku tersebut bisa mendorong anak untuk mengakses smartphone. Dengan rasa ingin tahu yang tinggi, kerap kali anak akan meraih HP milik orang tua untuk kemudian membuka aplikasi atau game.

Baca juga: Ini Tanda Anda Mengidap Nomophobia atau Kecanduan Smartphone

Jika prilaku terus berlanjut, maka orang tua tidak akan menyadari menganggap kalau anak-anak mereka di rumah sudah kecanduan gadget dan selalu berusaha mengambil gadget dari tangan orang tuanya.

8. Bersikap Tegas Pada Anak 

kecanduan smartphone

Cara mengatasi kecanduan gadget pada anak berikutnya, adalah bersikap tegas. Jika Anda menilai kalau anak sudah terlalu lama memegang perangkat tersebut maka Anda harus tega untuk mengambilnya dari sang anak.

Walaupun anak akan menangis atau memohon kepada Anda, pastikan untuk bersikap tegas dengan tidak memberikannya lagi ke anak. Selain itu pastikan untuk konsisten dalam bersikap tegas seperti itu.

Diharapkan kalau Anda tegas dan konsisten untuk mengatur aktivitas anak anak dalam mengakses gadget, anak menjadi lebih disiplin. Lambat laun ia tidak akan menangis lagi ketika harus berhenti bermain gadget.

9. Menyewa Jasa Pengasuh 

pengasuh

Bagi Anda yang memiliki uang yang cukup, menyewa jasa pengasuh adalah langkah yang tepat. Cara mengatasi kecanduan gadget pada anak ini bisa menjadi opsi dimana Anda menyewa pengasuh untuk mengawasi anak Anda.

Selain itu pengasuh juga bisa bertugas untuk menemani anak bermain permainan fisik, sehingga anak lupa dengan gadget mereka. Memang cara ini cukup mahal, tetapi ampuh untuk mencegah anak kecanduan gadget.

10. Meminta Bantuan Psikolog Anak

psikolog anak

Terakhir adalah meminta bantuan psikolog anak. Berbeda dengan bantuan dari pengasuh, psikolog anak akan memberikan saran mengenai cara mencegah kecanduan gadget pada anak.

Berkonsultasi dengan psikolog sangat efektif dilakukan karena psikolog mengerti karakteristik anak Anda, sehingga bisa menemukan pola asuh yang tepat.

Well, itu saja cara mencegah anak kecanduan gadget atau cara mengatasi kecanduan gadget pada anak versi kami. Berbagai tips di atas akan membantu para orang tua untuk membimbing dan melindungi anak dari potensi berbahaya seperti kecanduan gadget yang dapat timbul dari transformasi digital. (HR/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0