24 Negara Ini Penduduknya Kecanduan Smartphone, Ada Indonesia?

Telset.id, Jakarta – Para peneliti di McGill University di Kanada merilis sebuah studi yang membahas mengenai masalah kecanduan smartphone. Studi ini melibatkan hampir 35.000 orang di 24 negara di seluruh dunia dari 2014 hingga 2020.

Makalah penelitian yang membahas masalah kecanduan smartphone ini telah diterbitkan di Computers in Human Behavior.  Menurut laporan, subjek penelitian ini adalah orang dewasa muda dengan usia rata-rata 28,8 tahun.

Sebanyak 60% dari peserta dalam penelitian ini adalah wanita. Dari 2014 hingga 2020, masalah kecanduan yang menimpa pengguna smartphone di seluruh dunia menjadi lebih serius. Namun, menurut peneliti, tren ini tidak akan berakhir dalam waktu dekat.

Baca Juga: 10 Smartphone Terkencang di Dunia

“Satu penjelasan yang mungkin untuk skor yang berbeda di seluruh negara adalah norma sosial dan ekspektasi budaya,” tulis penelitian tersebut.

“Banyak dari pengguna ini memiliki kebutuhan untuk mendapatkan motivasi melalui smartphone mereka. Faktanya, banyak bisnis dan mata pencaharian mereka terkait dengan ponsel cerdas mereka,” jelasnya.

Hasil Studi Mengenai Kecanduan Smartphone

Dilihat dari hasil riset yang dipublikasikan oleh tim peneliti, China, Arab Saudi, dan Malaysia menempati urutan tiga besar. Sementara Kanada peringkat ketujuh, Jepang peringkat 15, Amerika Serikat peringkat 18, dan Jerman peringkat 24.

Hanya dua negara dari Afrika yang masuk dalam daftar negara yang warganya paling kecanduan smartphone. Mesir yang menempati urutan ke-9 dan juga Nigeria yang berada di peringkat ke-20.

Baca Juga: Proses Charging Smartphone Bisa Sebabkan Obesitas

Pasar smartphone China merupakan pasar ponsel terbesar di dunia. Dengan lebih dari 1,5 miliar HP terjual pada tahun 2021, tidak mengherankan jika mereka berada di posisi pertama.

Dilansir dari GizChina, Sabtu (19/2/2022) ini karena semakin banyak orang di wilayah tersebut, semakin tinggi kemungkinan beberapa karakter pengguna.

Sementara Arab Saudi memiliki tidak kurang dari 21 juta pengguna smartphone dan merek yang populer adalah Apple, Huawei, dan Samsung.

Baca Juga: Melihat History Aplikasi yang Pernah Diinstall

Sementara dari Asia Tenggara, Malaysia menempati urutan ketiga dengan sebagian besar pengguna di negara ini lebih memilih smartphone Android, khususnya Huawei dan Samsung. Namun, Apple juga memiliki basis pengguna yang cukup besar di Malaysia.

Sayangnya dalam penelitian mengenai kecanduan smartphone ini tidak melibatkan Indonesia. Jika Indonesia ada, kira-kira ada di nomor berapa ya sob?

Well, berikut daftar negara yang paling kecanduan menggunakan smartphone:

  1. China
  2. Saudi Arabia
  3. Malaysia
  4. Brazil
  5. South Korea
  6. Iran
  7. Canada
  8. Turki
  9. Mesir
  10. Nepal
  11. Italia
  12. Australia
  13. Israel
  14. Serbia
  15. Jepang
  16. UK
  17. India
  18. Amerika Serikat
  19. Romania
  20. Nigeria
  21. Belgia
  22. Swiss
  23. Perancis
  24. Jerman

(HR/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0