Canggih! Restoran Ini Punya Koki Robot

Telset.id, Jakarta – Perkembangan teknologi membuat pabrik-pabrik di berbagai perusahaan besar mempergunakan robot untuk membantu perkerjaan produksi mereka. Seperti misalnya restoran di Boston, Amerika Serikat (AS) ini yang menggunakan koki robot.

Selain demi efisiensi, penggunaan robot diharapkan bisa menguragi waktu produksi barang, sehingga kinerja bisa ikut terkerek.

Rupanya tidak hanya bos-bos pabrik yang kepincut mengadopsi teknologi robotik, pengusaha kuliner juga mulai penasaran menggunakan robot untuk menunjang bisnis mereka. Salah satunya adalah satu restoran bernama Spyce di kawasan Boston, AS.

Menurut ubergizmo.com, Sabtu (5/5/2018), Restoran yang didirikan oleh empat mahasiswa Institut Teknologi Massachucetts (MIT) yang bekerja dengan koki berbintang Michelin ini menggunakan Robot sebagai Koki. Robot ini juga memasak semua makanan di daftar menunya.

Sesuai konsop restoran modern yang praktis namun sarat teknologi, semua pelanggan harus memesan makanan mereka sendiri ke layar pesanan, menempatkan pesanan dan makanan segera dibuat oleh robot.

Restoran Spyce rupanya dibangun dari gagasan untuk menghilangkan atau mengurangi panjang antrian memasak, terutama pada jam sibuk pada siang atau menjelang malam. Robot koki diharapkan bisa mengurangi beban biaya operasional restoran, yang nantinya akan membuat makanan lebih terjangkau.

Sebenarnya ide ini juga berangkat dari persoalan sehari-hari para pendirinya sebagai mahasiswa, yang sulit untuk menemukan makanan baik, sehat, dan terjangkau. Lalu. bagaimana cara kerja robot-robot ini?

Koki “palsu” ini menggunakan induksi magnetik untuk membantu memasak makanan di panci khusus. Tapi sebelumnya, bahan dasar yang sudah disiapkan harus dimasukkan ke panci logam tersebut hingga siap untuk disajikan. Hebatnya, robot koki ini juga otomatis membersihkan diri setiap selesai memasak.

Baca juga: Di Singapura, Booking Restoran Bisa via Google

Sebenarnya, proses memasak di restoran ini belum sepenuhnya dijalankan oleh robot koki karena proses persiapan dan penyajian masih perlu dilakukan oleh koki manusia.

Ini bukan pertama kalinya ada robot koki di restoran. Tahun lalu, kafe di Melbourne, Australia, menggunakan robot barista untuk membuat kopi. [WS/HBS]

1 COMMENT

  1. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat. Setelah membaca artikel ini, wawasan saya ttg teknologi komputer bertambah, saya menjadi lebih tahu bahwa robot sekarang bisa membantu memudahkan pekerjaan manusia seperti pada artikel ini robot menjadi koki . Kenalkan nama saya Aditya Ramadhan ( 1722500074 )
    dari Atma Luhur. Jangan lupa juga kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here