Sumber Masalah di Fitur Face ID iPhone X Ternyata Kamera Belakang

Telset.id, Jakarta – Fitur Face ID di iPhone X yang didukung oleh kamera TrueDepth disebut-sebut sebagai teknologi keamanan paling canggih di ponsel. Kenyataannya, fitur tersebut tak lepas dari masalah yang pada akhirnya mengganggu pengguna dalam berkomunikasi.

Mengutip GSM Arena, keluhan soal fitur Face ID di iPhone X muncul di forum Reddit. Laporan lantas menyebut bahwa Apple telah mengirim dokumen kepada penyedia layanan resmi terkait rincian tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah Face ID di iPhone X.

Langkah pertama yang direkomendasikan oleh Apple adalah melakukan diagnosa fitur Face ID di perangkat guna memastikan tidak ada masalah di kamera belakang. Tentunya, hal itu cukup mengagetkan mengingat fitur Face ID berkaitan dengan sensor kamera TrueDepth yang menghadap ke depan.

{Baca Juga: 9 Pengaturan iPhone yang Perlu Diketahui Pengguna Baru}

Namun ternyata, Apple memberitahukan bahwa masalah di fitur Face ID iPhone X berhubungan dengan kamera belakang, bukan depan. Menurut pengguna Reddit, berdasarkan informasi yang diterima, kamera belakang iPhone X memang terhubung ke kamera TrueDepth.

“Saya berbincang dengan pria di Genius Bar. Ia mengatakan bahwa lensa wide terhubung ke kamera depan, sedangkan lensa telephoto terhubung ke TrueDepth. Jadi begitulah cara pengujiannya. Prosesnya sangat sederhana,” tulis pengguna Reddit dengan akun Razerx1.

Sebelumnya dilaporkan, Apple bakal melayani perbaikan fitur Face ID yang bermasalah di iPhone X. Perusahaan asal Cupertino itu bahkan bersedia melakukan penggantian komponen kamera depan. Apple telah mengumumkan layanan perbaikan ini di Apple Store dan Apple Authorized Service Provider.

{Baca Juga: Harga iPhone 12 Pro Max di Brasil Mulai Rp 36 Jutaan}

Sebelum mengganti komponen kamera depan, teknisi Apple akan melakukan pengecekan di iPhone X pengguna. Jika ternyata iPhone X yang bersangkutan normal, Apple hanya melakukan servis ringan. Namun, jika dalam pengecekan tersebut ada tanda bahwa kamera depan iPhone X pengguna bisa normal setelah mendapat penggantian komponen, Apple akan mengganti kamera depannya.

Opsi terakhir, apabila setelah serangkaian pengujian terbukti gagal, Apple akan memutuskan penggantian unit iPhone X baru. Penggantian ini sendiri tidak dibebani biaya apapun alias gratis.

Masalah kamera depan di iPhone X sebenarnya sudah dialami banyak pengguna sejak beberapa bulan lalu. Solusi paling efektif yang diberikan oleh Apple adalah melakukan penggantian unit. Selain tidak bisa digunakan untuk memotret, kamera depan iPhone X bermasalah di fitur Face ID. [SN/IF]

Source Link 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0