AirTag Selamatkan Anjing Terjebak di Saluran Pembuangan Air

Telset.id, Jakarta – AirTag kembali menunjukkan kebermanfaatannya setelah menyelamatkan nyawa seekor anjing. Anjing Seamus Gembala Australia berusia setahun itu terjebak di saluran pembuangan air hujan.

AirTag tersebut terpasang di tubuh si anjing beserta Tag ID konvensi. Berkat keberadaan perangkat itu, tim penyelamat pun berhasil menyelamatkan nyawanya.

Seperti Telset kutip dari Gadgets360, Senin (23/1/2023), semua bermula saat Seamus Gembala Australia tersebut lepas dan berlari menuju area drainase.

“Ia turun begitu saja ke saluran pembuangan. Air mengalir sangat cepat. Ia hampir saja tak selamat,” demikian kata sang pemilik anjing, Emilie Brill, kepada ABC7.

BACA JUGA:

Tak tunggu lama, Brill langsung merespons kejadian dengan mencari bantuan. Brill juga mencoba mencari anjingnya itu sambil menunggu bantuan datang.

Menurut video dari Departemen Pemadam Kebakaran San Bernadino pada 18 Januari 2023, anjing itu terjebak di kolam pengendali banjir dan tersapu air deras.

Petugas pemadam kebakaran diberitahu oleh karyawan di fasilitas kendaraan rekreasi bahwa ada anjing menggonggong dan mengambang di saluran air.

Video memperlihatkan Seamus berhasil melarikan diri dari air yang mengalir deras dan berada di dalam tabung akses ketika diselamatkan oleh petugas.

Lokasinya hampir 1,6 kilometer dari tempat ia masuk ke saluran air. Anjing beruntung itu kemudian bisa dievakuasi dan dipertemukan kembali dengan Brill.

Sebelum kembali ke pelukan Brill, anjing tersebut dikeringkan dan dihangatkan oleh petugas karena ditemukan dalam kondisi basah kuyup serta kedinginan.

“AirTag dan Tag ID konvensi di tubuh anjing membantu penyelamat dan sang pemilik dalam upaya pencarian,” kata petugas departemen pemadam kebakaran.

Perlu dicatat bahwa Apple sebelumnya menyatakan, jika orang ingin pakai AirTag untuk memantau hewan peliharaan, pastikan tetap berada dalam jangkauan.

Dengan kata lain, jangan sampai hewan peliharaan yang dipasangi AirTag berada di luar jangkauan perangkat sehingga tidak dapat dideteksi oleh sang pemilik.

Sekadar informasi, AirTag adalah alat pelacak yang dikembangkan oleh Apple. AirTag membantu pengguna untuk mencari barang yang hilang atau terselip.

BACA JUGA:

Setelah diperkenalkan pada April 2021, AirTag resmi hadir di pasar Indonesia. Aksesoris pintar itu terpampang di situs distributor resmi produk Apple di Indonesia

Terdapat lima paket AirTag yang bisa dibeli, yakni varian AirTag (1 Pack), AirTag Leather Key Ring, AirTag Loop, AirTag Leather Loop, dan terakhir AirTag (4 Pack).

Di Indonesia, Apple mematok harga AirTag mulai Rp449 ribu hingga Rp1,49 juta. Anda bisa pilih varian AirTag yang tersedia sesuai selera dan kebutuhan. [SN/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0