AirTag Jadi Alat Pencuri Mobil, Apple Langsung Update Keamanan

Telset.id, Jakarta – Mendapatkan banyak laporan kalau perangkat AirTag dimanfaatkan pencuri mobil, Apple akhirnya memperbaiki perangkat untuk melacak barang tersebut melalui update terbaru.

Apple terus memperoleh laporan bahwa perangkat AirTag yang awalnya dirancang untuk membantu pengguna melacak barang-barang penting, malah dimanfaatkan oleh sekelompok orang untuk melakukan tindak pencurian.

Dilansir Telset dari Ubergizmo pada Sabtu (12/2/2022), Apple AirTag dimanfaatkan pencuri mobil yang membuat para pengguna semakin khawatir. Sadar akan hal tersebut akhirnya perusahaan akan perbaiki AirTag lewat update terbaru.

Di update perangkat, Apple akan memberikan peringatan kepada pengguna bahwa menggunakan AirTag untuk melacak orang tanpa persetujuan adalah kejahatan. Pelaku juga bisa terlacak dengan mudah karena AirTag terhubung dengan Apple ID.

Baca juga: Gawat! Apple AirTag Mudah Diretas

“Sistem peringatan pelacakan kami menggunakan logika canggih untuk menentukan bagaimana kami memperingatkan pengguna,” ujar Apple.

Lalu pengguna iPhone yang dilacak AirTag juga akan semakin mudah untuk mengetahui lokasi perangkat. Nantinya fitur Precision Finding di iPhone akan terhubung ke kamera, ARKit, akselerometer dan giroskop untuk memandu pengguna menemukan AirTag yang tidak dikenal.

“Kami berencana untuk memperbarui sistem peringatan pelacakan yang tidak diinginkan untuk memberi tahu pengguna bahwa AirTag yang tidak dikenal mungkin bepergian bersama mereka,” tambah Apple.

Belum diketahui kapan pembaruan AirTag akan dilakukan, tetapi rencana tersebut sangat bagus supaya perangkat tidak dipakai pencuri untuk melacak orang secara ilegal.

Seperti diketahui kalau fenomena penyalahgunaan AirTag untuk mengintai bahkan melakukan tindak pencurian sedang marak terjadi. Kasus terbaru muncul di Kanada, di mana polisi setempat baru-baru ini menangkap kawanan pencuri yang menggunakan AirTag untuk menggondol mobil mahal.

Baca juga: Aplikasi Android untuk Hindari AirTag Milik Penguntit

Modusnya, mereka akan menempelkan AirTag ke mobil target yang berada di tempat parkir umum. Lalu kawanan pencuri menggunakan aplikasi Find My untuk melacak mobil tersebut dan tempat tinggal pemiliknya.

Saat pemilik lengah, mereka lalu berusaha masuk ke dalam dan mencuri mobil yang sudah mereka intai. Semoga saja update fitur segera dilakukan supaya kejadian ini tidak terulang kembali. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0