telset

7 Tips Liburan Murah dari Traveloka, Dompet Aman dan Tetap Nyaman

Telset.id – Liburan tak selamanya mewah dan mahal. Asalkan Anda punya niat yang kuat untuk liburan sejenak, ada kok tips dan trik agar bisa liburan murah, hemat, dan meriah tanpa membuat kantong jebol.

Persiapan tentu saja menjadi syarat utama buat Anda yang ingin liburan hemat dan menyenangkan. Maksudnya, Anda harus lebih dulu mempersiapkan destinasi liburan, anggaran, tempat tinggal ketika liburan nanti, dan tetek bengek lainnya agar liburan Anda memberikan suatu pengalaman yang bisa dikenang dan diceritakan ke orang lain.

Nah, platform yang menyediakan layanan tiket pesawat sampai hotel, Traveloka memberikan beberapa tips bagi Anda yang ingin liburan hemat dan menyenangkan.

Mulai dari tips cari tiket pesawat murah hingga berlibur dengan teman, berikut ini cara liburan murah dari Traveloka yang telah tim Telset.id rangkum untuk Anda.

Baca juga: 10 Aplikasi Traveling Terbaik untuk Liburan

1. Cari Promo Tiket dan Penginapan

Hotel Instagramable Tips Liburan Murah Hemat Meriah

Seperti yang sudah kami sebut di awal, persiapan yang matang menjadi kunci dari liburan murah meriah yang Anda inginkan. Anda harus lebih dulu menentukan destinasi wisata yang ingin dikunjungi.

Jangan lupa untuk melakukan survei dan mencari informasi tentang tempat yang ingin Anda kunjungi di sana. Secara online saja surveinya, sekaligus melihat rating atau penilaian dari wisatawan yang sudah berkunjung sebelumnya. Anda bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps untuk melihat rating ini.

Setelah selesai melakukan survei, barulah Anda cari informasi promo tiket pesawat dan penginapan jauh-jauh hari. Hal ini membantu Anda untuk menghemat bujet transportasi dan penginapan.

Kalau sudah mengamankan tiket pesawatnya, Anda bisa sekaligus memesan tiket kereta bandara di Traveloka. Dengan begitu saat hari H, Anda hanya tinggal berangkat tanpa dibebani hal-hal mengenai akomodasi lagi.

2. Menghindari Musim Liburan

Tips Liburan Murah Hemat Meriah
Foto: Okezone

Jangan pernah berniat liburan saat sedang high season atau musim liburan terjadi. Ketika musim liburan, harga tiket, penginapan, sampai tiket masuk ke lokasi wisata akan naik.

Jadi sebisa mungkin usahakan pergi travelling sebelum atau setelah musim liburan tiba. Hal ini akan sangat membantu agar terhindar dari pembengkakan budget liburan Anda.

Tidak hanya soal budget, pergi di luar musim liburan juga membuat Anda lebih menikmati suasana dan momen rehat Anda. Dengan ini, Anda akan merasa lebih leluasa dan nyaman karena tidak terlalu banyak orang di tempat wisata.

Anda bisa puas menikmati destinasi yang dikunjungi. Anda juga tidak perlu mengantre panjang hanya untuk masuk ke lokasi wisata.

Baca juga: 10 Aplikasi GPS Terbaik

3. Bawa Uang Tunai

Tips Liburan Murah Hemat Meriah
Foto: Shutterstock

Era pembayaran secara cashless memang sedang digembar-gemborkan oleh pemerintah Indonesia. Banyak sekali metode pembayaran secara digital yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, mulai dari mobile banking, QRIS, aplikasi dompet digital, e-money, sampai kartu debit atau kredit.

Akan tetapi, disadari atau tidak, pemakaian kartu elektronik atau gesek kartu debit akan membuat budget liburan Anda lebih mahal. Ada baiknya Anda tetap membawa uang tunai sesuai bujet yang sudah diperkirakan atau ditetapkan.

Dengan cara ini, pengeluaran Anda lebih terkontrol selama liburan hemat, murah, dan meriah. Namun tetap, Anda pun harus menyiapkan cadangan uang di kartu debit ataupun aplikasi pembayaran digital Anda sebagai backup ketika ada pengeluaran tak terduga.

Baca juga: 10 Aplikasi Dompet Digital Terbaik

4. Utamakan Kenyamanan

Tips Liburan Murah Hemat Meriah
Foto: Istimewa

Menerapkan tips liburan murah meriah boleh saja, tapi liburan hemat ini tak boleh mengorbankan kesenangan dan kenyamanan Anda. Satu yang harus dingat, nyaman tidak harus selalu mewah.

Misalnya saja dalam hal memilih penginapan. Anda tidak perlu mencari penginapan dengan harga yang fantastis dan mewah, tapi penginapan yang sederhana dan murah pun ada juga yang nyaman.

Tujuan Anda berlibur untuk menenangkan pikiran, untuk rehat sejenak dari pekerjaan, dan bukan sekadar untuk ajang pamer. Jadi tidak ada gunanya liburan Anda terlihat mewah tapi Anda tidak menikmatinya.

5. Catat Pengeluaran

aplikasi pengelola keuangan terbaik

Tips liburan hemat, murah, dan meriah selanjutnya adalah mencatat semua pengeluaran selama liburan. Dari pengeluaran terbesar sampai terkecil wajib dicatat agar Anda bisa lebih bijak dalam mengeluarkan uang ketika liburan.

Memang butuh komitmen dan konsistensi dalam melakukan hal ini. Jika butuh bantuan, ada baiknya Anda memanfaatkan aplikasi pengelola keuangan yang tersedia gratis di Google Play Store atau App Store.

Dengan mencatat semua pengeluaran, ini akan membantu  mengontrol uang yang sudah Anda keluarkan. Jika hanya membawa uang sesuai budget, kegiatan ini akan membantu Anda untuk mengerem pengeluaran agar cukup untuk ongkos Anda pulang.

Baca juga: 20 Aplikasi Penghasil Uang Paling Cepat

6. Liburan Bersama Teman

Tips Liburan Murah Hemat Meriah
Foto: Getty Images

Liburan dengan mengajak teman merupakan salah satu cara agar Anda bisa lebih menghemat pengeluaran selama liburan. Anda pergi dengan satu teman, maka untuk biaya hotel, travel, atau biaya tour guide bisa dibagi dengan partner liburan.

Dengan demikian Anda bisa lebih hemat karena yang awalnya biaya ditanggung sendiri, kini bisa dibagi dengan partner liburan Anda. Akan tetapi, harus selektif juga untuk memilih teman liburan bersama, agar ke depannya tidak merepotkan atau membuat Anda tak menikmati liburan hemat yang diimpikan sejak lama.

Jadi Anda harus bisa menemukan teman yang bisa lebih fleksibel jika sewaktu-waktu itinerary yang sudah Anda buat berubah, paham bagaimana menempatkan diri dan bersikap disaat situasi yang tak terduga terjadi selama liburan.

7. Gunakan Transportasi Umum

Foto: Shutterstock

Tips liburan murah meriah selanjutnya adalah dengan memanfaatkan transportasi umum, seperti kereta, bus, atau transportasi umum lainnya yang ada di destinasi liburan. Dengan ini, liburan bisa lebih hemat dibandingkan harus menggunakan taksi yang kadang memiliki tarif lebih mahal dibandingkan transportasi umum lainnya.

Jika sudah merencanakan untuk naik kendaraan umum, sebelum berangkat, Anda perlu mencari tahu informasi seputar rute transportasi umum yang akan digunakan selama di lokasi. Anda bisa catat rute dan transportasi umum yang ingin digunakan selama liburan sehingga memudahkan Anda selama liburan.

Well, itu dia tips liburan hemat, murah, dan meriah yang mungkin bisa Anda terapkan ke depannya. Liburan itu penting agar Anda bisa lebih produktif dalam pekerjaan atau menjalani aktivitas Anda sehari-hari.

Tak perlu menunggu lama untuk menabung banyak uang demi liburan. Anda tetap bisa liburan seru dan menyenangkan tanpa perlu menghabiskan biaya besar yang menguras isi dompet, asalkan semuanya sudah direncanakan dengan matang. Semoga bermanfaat dan ingat, patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan, dan menjaga jarak. (MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0