telset

10 Aplikasi GPS Terbaik 2021, Biar Gak Nyasar Saat Liburan!

Telset.id, Jakarta – Momen Natal dan Tahun Baru 2022, biasanya identik dengan momen libur bersama teman atau keluarga. Supaya liburan tetap seru, dan pastinya jauh dari kesan membosankan gara-gara tersasar, pemanfaatan aplikasi GPS bisa menjadi solusi.

Ya, tidak terasa kita telah sampai di penghujung tahun 2021. Dua momen paling spesial di setiap akhir tahun pun – Natal dan Tahun Baru, siap dimanfaatkan masyarakat untuk sekedar berkunjung ke rumah sanak keluarga atau berlibur ke tempat wisata.

Meski begitu, untuk menuju ke lokasi tujuan adakalanya susah-susah gampang. Terlebih ketika kita memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi dengan alasan lebih irit, dan lebih mudah untuk pergi ke beberapa tempat.

Baca juga: Rekomendasi 7 Aplikasi GPS Android untuk Bersepeda

Tak jarang, sebagian dari kita dibuat bingung  dalam memilih rute terbaik menuju lokasi tujuan. Tidak sedikit bahkan yang berujung nyasar di tengah jalan, sehingga waktu tempuh pun menjadi lebih lama dari yang diharapkan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, solusinya adalah aplikasi GPS. Saat ini sudah banyak app GPS yang bisa digunakan untuk memandu perjalanan. Kita cukup mengunduhnya di HP dan masukan lokasi tujuan di aplikasi.

Nantinya aplikasi akan mengarahkan ke lokasi tujuan dengan rute tercepat. Nah, buat yang ingin berlibur dengan aman dan anti nyasar, berikut ini 10 rekomendasi aplikasi GPS terbaik yang bisa diunduh secara gratis.

1. Google Maps 

Aplikasi GPS
Google Maps

Pengguna HP Android pastinya sudah akrab dengan aplikasi GPS yang akurat ini. Melalui Google Maps, kita akan lebih mudah untuk mencari lokasi tujuan. Tinggal tulis nama tempat atau alamat di Maps dan aplikasi akan memberikan informasi mengenai rute perjalanan.

Jenis rutenya bermacam-macam. Bisa rute untuk pengendara motor, mobil hingga pejalan kaki. Selain itu, salah satu GPS yang paling akurat ini juga akan memberikan opsi apakah ingin melewati jalan Tol atau tidak, dan informasi mengenai kondisi trafik di jalan.

2. Geo Tracker 

Aplikasi GPS
Geo Tracker

Kalau melakukan perjalanan dengan beberapa kendaraan, atau rombongan disarankan untuk menggunakan Geo Tracker. Pasalnya di aplikasi GPS terbaik ini, ada fitur yang memungkinkan kita membagikan jejak rute perjalanan ke pengguna lain.

Dengan begitu, mereka tinggal mengikuti rute yanh diberikan sehingga tidak ada rombongan yang terpisah. Keunggulan lainnya dari Geo Tracker adalah tampilannya yang sederhana sehingga cocok bagi yang baru menggunakan aplikasi navigasi.

3. Waze 

Aplikasi Navigasi
Waze

Berlibur mengunakan aplikasi GPS seperti Waze, membuat waktu tempuh perjalanan semakin cepat. Alasannya karena aplikasi ini menampilkan kondisi trafik di jalanan secara real-time.

Waze memberikan kesempatan pengguna untuk melaporkan kondisi terkini suatu jalan, sehingga bisa menjadi referensi bagi pengguna lain. Dengan begitu pengguna bisa memilih rute yang lain sehingga sampai tujuan.

Keunggulan lain dari Waze adalah bisa digunakan secara offline, sehingga bisa lebih irit kuota internet.

4. HERE WeGo 

Aplikasi Navigasi
HERE WeGo

Perkembangan teknologi membuat aplikasi banyak ragamnya. Salah satunya adalah HERE WeGo yang menawarkan kemudahan dalam melakukan navigasi. Keunggulan dari aplikasi GPS terbaik Android dan iOS ini adalah tampilannya yang sederhana.

Jadi kita tidak dibuat bingung, ketika ingin mencari rute menuju lokasi tertentu dengan aplikasi ini. Selain itu HERE WeGo juga bisa digunakan secara offline, sehingga lebih hemat kuota dan aplikasi bisa tetap aktif walaupun berada di lokasi yang sinyalnya lemah.

Bagi yang melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum, tersedia mode transportasi umum sehingga kamu akan diarahkan untuk menaiki kendaraan apa saja untuk menuju tujuan.

5. City Maps 2Go

Aplikasi Navigasi
City Maps 2Go

Berlibur sambil mencari penginapan terbaik, bisa dilakukan dengan City Maps 2Go. Melalui aplikasi GPS ini, kita bukan cuma mendapatkan kemudahan untuk mencari lokasi wisata atau tempat tertentu saja.

City Maps 2Go juga memungkinkan untuk menemukan hotel terbaik dan memesan hotel dari aplikasi. Bukan cuma itu, City Maps 2Go juga bisa diakses secara offline sehingga GPS tetap berfungsi walaupun tidak ada internet.

6. Karta GPS 

Aplikasi Peta Navigasi
Karta GPS

Karta GPS adalah aplikasi navigasi yang bisa diakses secara online dan offline. Akurasinya juga tinggi sehingga cocok diunduh untuk menjadi teman perjalanan, di libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Baca juga: 10 Aplikasi Membuat Kartu Ucapan Natal Kreatif 2021

Keunggulan Karta GPS, selain bisa diakses secara offline adalah adanya fitur yang memberikan informasi mengenai tempat parkir terdekat. Fitur yang cocok untuk kamu yang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan mobil.

7. GPS Maps Driving

aplikasi navigasi
GPS Maps Driving

Untuk yang ingin berlibur tanpa menghadapi kemacetan, maka bisa mengunduh GPS Maps Driving. Aplikasi ini mampu memberikan rute yang bebas macet sehingga sampai lokasi dengan cepat. 

Bahkan dengan fitur panduan suara, GPS Maps akan memberikan informasi ketika terjadi perubahan rute karena kemacetan yang tiba-tiba terjadi. Kemudian GPS Maps juga memberitahu kepada pengguna untuk memperlambat atau mempercepat laju kendaraan, sesuai dengan kondisi di jalanan.

8. Sygic GPS 

Aplikasi GPS
Sygic GPS

Sygic GPS merupakan aplikasi navigasi yang terkenal, karena mampu menampilkan peta dalam bentuk 3D secara online dan offline. Tampilan peta 3D akan sangat membantu kamu untuk lebih memahami rute perjalanan. 

Selain itu ada fitur voice guided directions, yang akan memberikan panduan dengan menyebutkan nama jalan. Dengan begitu tatapan kamu bisa lebih fokus ke jalanan sambil mendengarkan perintah yang diberikan oleh aplikasi.

9. MapFactor 

Aplikasi Navigasi
MacFactor

Aplikasi navigasi alternatif selain Google Maps, adalah MapFactor. Aplikasi ini mampu digunakan secara online dan offline serta memiliki tampilan yang sederhana. MapFactor cocok untuk yang suka traveling ke tempat-tempat baru, baik di daerah pantai, pegunungan hingga perkotaan.

10. GPS Navigation 

Aplikasi GPS
GPS Navigation

Terakhir adalah GPS Navigation, yang mampu memberikan informasi lalu lintas secara real-time. Selain itu tampilan peta di aplikasi juga beragam yakni tampilan normal, medan, dan satelit. 

Di GPS Navigation juga memungkinkan pengguna membagikan lokasi terkini ke orang lain, sehingga bisa digunakan bagi yang melakukan perjalanan secara rombongan supaya tidak nyasar.

Baca juga: Rekomendasi 10 HP Oppo dengan Kamera Terbaik, Bisa Jadi Kado Natal

Demikian informasi mengenai 10 aplikasi GPS terbaik yang cocok untuk libur Natal dan Tahun Baru 2022. Silakan pilih aplikasi favorit sesuai kebutuhan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0