telset

7 Teknologi Anti Banjir yang Ada di Berbagai Negara

Terowongan SMART

Teknologi Anti Banjir

Negara tetangga Indonesia, Malaysia juga punya teknologi anti banjir bernama Stormwater Management and Road Tunnel atau disingkat Terowongan SMART. Sesuai namanya, terowongan ini dimanfaatkan untuk mengendalikan banjir disana.

Proyek SMART dibangun sejak tahun 2003 dan mulai digunakan sejak tahun 2007. Terowongan itu memiliki diameter 13,2 meter dan panjang 9,7 kilometer, dimulai dari Kampung Berembang yang dekat dengan sungai Klang, dan berakhir di danau Taman Desa yang dekat dengan sungai Kerayong.

Terowongan ini juga multifungsi. Selain untuk mengendalikan air, SMART juga digunakan untuk mengurai kemacetan lalu lintas di sana.

Tubewall 

Teknologi Anti Banjir

Terakhir ada di Swedia. Namanya adalah Tubewall yang berbentuk tabung, dan terbuat dari bahan kain anti bocor yang dapat menggembung seperti balon. Tabung ini pun bisa dihubungkan satu sama lain, dan bisa menahan banjir dengan ketinggian maksimal 100 cm.

Untuk memasang Tubewall sepanjang 60 meter, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam. Ketika banjir sudah surut, Tubewall tinggal dikempeskan dan dilipat kembali. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0