Facebook Aktifkan ‘Crisis Response’ untuk Banjir Jakarta

Banjir Jakarta Crisis Response

Telset.id, Jakarta – Bencana banjir Jakarta dan sekitarnya mendapat perhatian dari Facebook. Media sosial asal Amerika Serikat tersebut mengaktifkan fitur Crisis Response agar pengguna dapat memberikan informasi mengenai kondisi mereka.

Fitur tersebut terletak di sisi kiri time line Facebook dengan warna hijau dan bertuliskan “Crisis Response“. Berdasarkan pantuan Tim Telset.id pada Kamis (02/01/2020), fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk melaporkan kondisi mereka pasca bencana banjir Jakarta yang menimpa pada Rabu kemarin (01/01/2020).

Terdapat 3 fitur lagi yang berada di Crisis Response yakni Support, About dan Friends in Area. Pada fitur Support pengguna bisa meminta dan menawarkan bantuan melalui mempostingan status dan foto-foto terkini mengenai banjir.

{Baca juga: Diguyur Hujan “Setahun”, Jakarta dan Sekitarnya Banjir}

Kemudian di fitur About pengguna bisa melihat berbagai postingan berupa foto, video dan berita mengenai kondisi banjir di Jakarta. Sedangkan melalui fitur Friends in Area pengguna bisa melihat status  dari teman atau kerabat apakah mereka terkena banjir atau tidak.

Banjir Facebook

Facebook sendiri mengaktifkan fitur tersebut pada tanggal 1 Januari 2020 pukul 8.46 WIB. Mereka menjelaskan bahwa berbagai sumber melaporkan bahwa hujan deras telah menyebabkan banjir di banyak wilayah Jakarta.

“Wilayah yang terkena dampak banjir meliputi, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Gedong, Jakarta Timur, Kelapa Molek, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, Jalan Bambu Kuning di Cengkareng Barat, dan Jakarta Barat. Sejumlah rumah yang tidak ditentukan telah rusak di Perumahan Jatimulya, Kelurahan Jatimulya dan Kecamatan Tambun,” tulis Facebook.

{Baca juga: Banjir Jakarta, Telkomsel Kerahkan Alat Pendukung Jaringan}

Hingga kini pengguna Facebook masih melaporkan kondisi terkini mengenai musibah banjir. Sebelumnya hujan yang mengguyur sejak tanggal 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 mengakibatkan banjir di Jakarta serta berbagai wilayah sekitar seperti Bekasi, Tangerang dan Depok. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here