telset

Ini 5 Ponsel Tercanggih Sebelum iPhone ‘Lahir’

Telset.id, Jakarta – Steve Jobs untuk pertama kalinya memperkenalkan iPhone kepada masyarakat dunia pada 2007 silam. Pada saat itu, iPhone digadang-gadang sebagai ponsel paling inovatif. Tapi sebenarnya saat itu sudah ada beberapa ponsel yang tak kalah canggihnya dibanding iPhone.

Saat iPhone pertama ‘lahir’ 10 tahun lalu, Nokia masih memegang takhta sebagai ‘Raja Ponsel’ Ya, tahun 2007 bisa disebut sebagai tahun terakhir Nokia menjadi raja ponsel. Selain Nokia, ada beberapa nama vendor lainnya yang saat itu cukup menguasai pasar, seperti BlackBerry, Sony Ericsson, dan juga Motorola.

Para pabrikan ponsel itu memiliki perangkat-perangkat yang termasuk canggih kala itu. Jika Anda masih ingat, Nokia saat itu sangat menguasai pasar dengan ponsel seri Nokia Communicator atau juga Nokia seri N. Begitupun dengan BlackBerry yang sangat populer dengan desain QWERTY dan teknologi push-email. 

Namun kehadiran iPhone nyatanya berhasil menggeser kepopuleran ponsel-ponsel tercanggih yang ada pada saat itu. Nah, apakah Anda ingin tahu ponsel tercanggih apa saja yang sempat populer sebelum kehadiran iPhone?

[Baca juga: Ini Bukti iPhone Mampu ‘Mengubah Segalanya’]

Silahkan simak 5 ponsel tercanggih sebelum kehadiran iPhone seperti yang telah tim Telset.id rangkum dari laman PhoneArena berikut ini:

1. Nokia N95

nokia n95

Sesaat sebelum peluncuran iPhone, Nokia dengan N95 mereka menjadi salah satu ponsel yang populer dipakai oleh masyarakat dunia. Selain terkenal dengan daya tahan mereka, pada saat itu N95 merupakan ponsel yang cukup canggih.

Dengan kamera yang cukup baik, dukungan jaringan 3G, dan teknologi terbaru lainnya hadir dalam ponsel tersebut. Namun sayang, pamor N95 turun dikarenakan iPhone mendukung fitur membuka web di ponsel, yang tidak dimiliki oleh N95.

2. BlackBerry Curve 8300

BlackBerry pertama kali mendapatkan kepopuleran saat meluncurkan varian Quark mereka pada 2003 silam. Namun sesaat sebelum peluncuran iPhone, seri Curve 8300 merupakan ponsel yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia.

Keunggulan yang dimiliki oleh ponsel ini adalah fitur email, web browsing, dan BBM. Namun BlackBerry harus menyerah dikarenakan para pengguna lebih memilih iPhone dikarenakan interface-nya yang lebih mudah untuk digunakan ketibang BBOS.

3. Motorola RAZR

Diluncurkan beberapa tahun sebelum iPhone, Motorola RAZR sempat menjadi ponsel yang sangat laku di dunia. Hal ini dikarenakan desainnya yang radikal dan sangat menarik perhatian pecinta gadget di seluruh dunia.

Namun sayang, karena hanya memiliki kamera VGA dan tidak ada fitur unggulan lain, ponsel ini pada akhirnya harus menyerah bersaing dari iPhone.

4. Sony Ericsson K800i

Gebrakan Sony Ericsson untuk menghadapi pasar ponsel saat itu adalah dengan mengeluarkan seri K800i milik mereka. Pada saat itu, produk hasil kolaborasi dua pabrikan tersebut memiliki kamera yang paling bagus, dengan resolusi 3,2 MP dengan lampu kilat Xenon.

Selain itu, ponsel ini juga memiliki kemampuan prosesor grafis terkini yang mampu memainkan game Java 3D, yang pada saat itu masih menjadi game paling canggih yang ada di pasaran.

5. Samsung BlackJack

Samsung juga sempat menjadi vendor ponsel paling laku sebelum hadirnya iPhone di pasaran. Kala itu, perusahaan asal Korea Selatan tersebut berada di papan atas bersama varian BlackJack mereka.

Ponsel ini sendiri memiliki sistem operasi Windows Mobile 5 yang dapat diupgrade ke Windows Mobile 6. Kala itu, sistem operasi ini adalah yang terbaik setelah BBOS, yang mendukung produktifitas para pekerja. [NC/MS/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0