Wah, Polisi Dubai Rekrut Robot untuk Patroli Jalanan

Telset.id, Jakarta – Setelah drone yang akan menjadi angkutan masa depan, Dubai saat ini juga tengah mempersiapkan hal lainnya yang berbau teknologi yang akan “berseliweran” di salah satu kota megah di negara UAE ini.

Seperti dilansir dari The Verge, menjelang akhir tahun ini, Kepolisian Dubai akan merekrut anggota baru untuk mengamankan wilayah mereka. Bukannya merekrut manusia, Kepolisian Dubai malah ‘merekrut’ sebuah mobil robot.

Nantinya, mobil robot ini akan bertindak sebagai unit pengawas yang mampu memindai tubuh manusia untuk mencari barang yang tidak diinginkan, dan juga untuk mencari pelaku kriminal yang sedang berseliweran di jalanan.

[Baca juga: Seru! Nonton Pertandingan Sumo Antar Robot]

Mobil robot seukuran kendaraan mainan untuk anak-anak ini dikembangkan oleh OTSAW, sebuah startup asal Singapura. Rekrutan baru bernama O-R3 tersebut ditenagai oleh listrik yang mampu menopang seluruh proses di dalamnya termasuk kamera 360 derajat yang mampu memindai hal-hal yang tidak diinginkan di jalanan Dubai.

“Dubai akan menjadi kota pertama di dunia yang menggunakan O-R3 untuk melakukan patroli setiap harinya,” klaim OTSAW.

Menurut pihak OTSAW, robot O-R3 juga sama sekali tidak bertujuan untuk menggantikan polisi manusia yang biasanya berpatroli di jalanan Dubai, namun lebih ditujukan untuk tugas yang lebih sederhana untuk menjaga agar jalanan lebih aman bagi masyarakat sekitar.

[Baca juga: 45 Tahun ke Depan, Robot akan Setara Manusia]

“Kami berusaha untuk menambah operasi dengan bantuan teknologi seperti robot. Tujuannya agar jalanan aman dan damai meski tanpa adanya patroli yang berlebihan,” jelas Komandan Kepolisian Dubai, Mayor Jenderal Abdullah Khalifa Al Marri.

Menurutnya, O-R3 akan ditempatkan terlebih dahulu di berbagai lokasi wisata dan kemudian akan ditempatkan di lokasi lainnya. Dubai sendiri pada tahun 2030 mendatang menginginkan kehadiran robot dalam instansi kepolisian mereka.

Kota megah di negara jazirah Arab ini setidaknya menargetkan 25 persen anggota kepolisiannya adalah robot, yang nantinya mampu mengabdi dan melindungi masyarakat kota tersebut. Wah hebat, Indonesia kapan ya? (FHP/MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0