4 Tips yang Harus Kamu Baca sebelum Traveling

Telset.id, Jakarta – Akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk berlibur. Banyak yang menjadikan momen pergantian tahun untuk traveling melepas penat sambil mengunjungi tempat-tempat wisata yang baru. Tapi sebelum bepergian, sebaiknya Anda harus mempersiapkannya dulu, biar liburan makin asyik.

Indonesia sendiri memiliki banyak daerah tujuan wisata yang keren, dan juga menjadi tujuan favorit wisatawan mancanegara.

Namun, banyak pula orang-orang yang menyisihkan uangnya untuk mendapatkan pengalaman liburan ke luar negeri, dengan bahasa yang asing dan kuliner yang berbeda.

Mengunjungi tempat wisata, apalagi yang jaraknya jauh, mungkin bisa meresahkan sebagian orang. Banyak hal yang tidak diketahui dan harus dipersiapkan agar tidak terjadi hal-hal yang dapat menghancurkan liburan Anda.

Apalagi jika Anda pergi mengunjungi negara asing yang berbeda bahasa dan kultur budayanya. Ketidaksiapan mungkin dapat membahayakan Anda, karena jauh dari rumah.

Tapi, Anda tidak perlu takut. Karena jika berhati-hati dan mempersiapkan diri dengan matang, Anda dapat menikmati liburan. Apalagi kini sudah banyak gadget yang didukung teknologi canggih yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan selama berwisata.

Berikut ini Telset.id sudah merangkum 4 tips yang perlu Anda ketahui, agar semua bisa terencana dengan baik, sehingga liburan Anda jadi semakin asyik:

Rencanakan Perjalanan Anda

Sebelum berangkat, Anda harus menentukan tujuan liburan Anda dan berapa lama tinggal di sana. Tempat wisata mana saja yang akan Anda kunjungi? Apakah Anda hanya menetap di satu lokasi atau berpindah ke daerah lain?

Tentukan tujuan lokasi-lokasi wisata yang hendak Anda datangi dengan melakukan riset sederhana di internet yang memuat deskripsi mengenai suatu tempat wisata. Beberapa tempat wisata yang populer memiliki laman di situs resmi kota atau daerah tempat wisata itu berada.

Anda juga bisa membaca pengalaman perjalanan orang lain yang telah singgah ke sana sebelumnya di blog atau media sosial. Tentukan pula aktivitas apa yang Anda lakukan selama di sana. Apakah mau wisata kuliner, belanja barang tradisional untuk souvenir, atau mau seru-seruan berfoto selfie.

Selain itu, Anda juga harus memikirkan transportasi ke tempat wisata tersebut. Apakah Anda membawa mobil pribadi, menyewa mobil rental, atau menggunakan transportasi umum. Jika Anda berencana menginap, pikirkan transportasi dari penginapan Anda ke tempat wisata.

Berbagai aplikasi seperti Traveloka, PegiPegi, dan Trivago bisa menjadi tempat bagi Anda menemukan penginapan atau hotel yang dekat dengan tempat wisata dan sesuai dengan budget Anda.

Setelah Anda menentukan tujuan, transportasi, dan penginapan, setidaknya Anda sudah bisa membayangkan biaya yang harus Anda keluarkan selama liburan. Rencanakan pula biaya tambahan yang Anda alokasikan selama liburan, entah itu untuk makanan, oleh-oleh, atau tiket masuk tempat wisata.

Usahakan untuk membatasi pengeluaran sesuai dengan perencanaan Anda supaya ketika pulang liburan, Anda tidak mempertanyakan ke mana uang Anda.

Buat Daftar Barang Bawaan

Banyak orang yang membawa barang berlebih selama liburan, padahal barang tersebut tidak begitu diperlukan. Sebelum perjalanan, sebaiknya Anda menyusun daftar barang bawaan yang kira-kira harus dibawa untuk meringankan bawaan.

Sesuaikan pula dengan aktivitas selama di sana, dan pertimbangkan juga jumlahnya supaya tidak berlebih. Mungkin Anda akan membawa barang-barang kebutuhan pribadi seperti pakaian dan alat-alat mandi.

Untuk Anda yang pergi ke pantai, mungkin membawa baju renang dan krim tabir surya. Dari daftar itu, Anda dapat mengecek ulang barang-barang yang akan dibawa sebelum berangkat agar tidak ada yang ketinggalan.

Charger dan power bank menjadi barang yang wajib dibawa selama berlibur. Di perjalanan, Anda mungkin hanya dapat mengisi daya smartphone di tempat-tempat tertentu. Usahakan untuk menjaga agar baterai smartphone dan power bank penuh sebelum meninggalkan penginapan. Isilah baterai di malam hari sebelum tidur, agar baterai terisi penuh di pagi hari.

Untuk membantu menikmati perjalanan, Anda juga dapat membawa smartphone dengan kapasitas baterai yang tahan lama agar Anda tidak perlu sering-sering mengisinya. Para pabrikan ponsel kini telah membuat smartphone dengan kapasitas baterai yang besar.

Oppo A3s, misalnya, memiliki kapasitas baterai sebesar 4.230 mAh, yang membuatnya mampu bertahan hingga 2 hari dengan pemakaian normal, seperti browsing atau membuka media sosial.

Selain kapasitas baterai yang jumbo, smartphone dengan teknologi fast charging juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dibawa saat berlibur ke luar kota. Karena dengan teknologi fast charging, bisa membantu Anda yang tidak memiliki waktu lama untuk mengisi daya.

Kemampuan ini bisa Anda dapatkan di smartphone Oppo F9 dan Oppo Find X, karena keduanya sudah dilengkapi dengan teknologi VOOC Flash Charging, yang dapat mengisi baterai dengan cepat, tanpa perlu membuang waktu.

Untuk Oppo F9 yang berkapasitas baterai 3.500 mAh, hanya diperlukan waktu sekitar 78 menit untuk terisi penuh dari sisa 8 persen. Sementara itu, Oppo Find X dengan baterai 3.730 mAh memerlukan waktu 85 menit hingga terisi penuh dari sisa 16 persen.

Bekali Gadget dengan Aplikasi

Agar liburan Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan, Anda dapat memaksimalkan manfaat yang disediakan oleh teknologi, contohnya aplikasi. Sudah banyak aplikasi yang bisa memudahkan Anda selama liburan dan membantu Anda menikmati tempat-tempat wisata yang Anda kunjungi.

Aplikasi GPS seperti Google Maps dan Waze merupakan suatu keharusan karena jika Anda ke tempat baru, ada kemungkinan akan tersesat karena tidak familiar dengan lingkungannya. Anda dapat berjalan-jalan dan menikmati suasana dengan leluasa tanpa tersesat dengan GPS.

Untuk Anda yang singgah berlibur ke negeri orang, mungkin Anda memerlukan bantuan penerjemah jika tidak fasih berbicara bahasanya. Salah satu aplikasi yang Anda perlukan adalah Google Translate yang dapat menerjemahkan lebih dari 100 bahasa dalam bentuk teks, suara, dan dilengkapi dengan fitur character recognition.

Selain itu, ada pula Microsoft Translator yang dapat menerjemahkan berbagai bahasa sekaligus. Aplikasi ini juga menyediakan kalimat-kalimat praktis yang dapat memudahkan Anda mengakrabkan diri dengan lawan bicara Anda.

Liburan Anda mungkin tidak lengkap jika Anda belum mencicipi hidangan lokal. Atau mungkin hanya ingin mencari tempat makan yang enak dengan suasana nyaman. Mungkin Anda juga perlu membekali smartphone dengan aplikasi yang dapat merekomendasi tempat-tempat makan terbaik. Zomato, misalnya, memberikan Anda informasi mengenai kafe dan restoran berdasarkan lokasi dan jenisnya.

Abadikan Momen

Mungkin Anda bisa berkali-kali mengunjungi tempat wisata yang sama, tapi pengalaman dan momen yang dirasakan akan berbeda disetiap perjalanan. Anda dapat mengabadikan aktifitas perjalanan agar bisa mengenang cerita-cerita yang didapat selama berlibur. Anda bisa menyimpannya dalam bentuk foto, video, maupun teks di blog.

Bagi Anda yang memerlukan kamera untuk mengambil foto atau merekam video, mungkin Anda bisa memanfaatkan kamera di smartphone. Jika tak memiliki kamera DSLR atau mirrorless, Anda bisa menggunakan kamera di smartphone,  karena hasilnya tak kalah bagus.

Kamera smartphone kini telah semakin canggih, karena ada yang telah dilengkapi dengan AI yang memungkinkan Anda memilih dan memberikan efek-efek seperti yang sering dijumpai di kamera DSLR maupun mirrorless.

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk menghasilkan foto berkualitas menggunakan kamera smartphone, seperti kemampuan kamera dan kapasitas zoom-nya.

Jika Anda berencana membagikan foto-foto di media sosial, Anda juga memerlukan aplikasi pengedit foto. Anda tidak perlu repot-repot membawa laptop untuk mengedit foto-foto menggunakan Adobe Photoshop atau Lightroom.

Anda bisa menggunakan VSCO yang sudah terkenal di kalangan pengguna Instagram. VSCO terkenal dengan filternya yang cantik dan beragam, bahkan untuk versi gratisnya. Anda perlu membayar akun premium untuk mengakses lebih dari 130 filter.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba aplikasi Snapseed dari Google yang mampu meningkatkan kualitas foto Anda. (AU/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here