Mengenal Teknologi Pengisian Cepat Oppo, VOOC Flash Charge

Telset.id, Jakarta – Saat memperkenalkan dua smartphone andalannya beberapa waktu lalu, yakni Oppo Find X dan Oppo F9, Oppo menyatakan bahwa kedua smartphone ini mendukung teknologi pengisian baterai cepat bernama VOOC Flash Charge.

Melalui teknologi tersebut, baterai smartphone akan terisi 4 kali lebih cepat daripada teknologi pengisian baterai lainnya. Diklaim, teknologi ini aman dan tidak menimbulkan panas yang berlebih saat smartphone diisi baterainya.

Baca Juga: 4 Fitur Baru Oppo F9 yang Harus Kamu Tahu

Menurut PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, VOOC Flash Charge menggunakan teknik yang berbeda dibandingkan dengan teknologi fast charging pada umumnya. Teknologi ini lebih meningkatkan arus daya, bukan meningkatkan tegangan arus daya, sehingga akan mencegah terjadinya tegangan arus daya yang tinggi.

Yang menarik, Oppo juga menyematkan lima lapisan proteksi keamanan pada VOOC Flash Charge. Lapisan tersebut berfungsi untuk mencegah kelebihan arus daya, ketika VOOC Flash Charge aktif.

“Ada 5 lapisan proteksi pada VOOC. Kelimanya terdapat pada adaptor, baterai dan port dari smartphone,” katanya.

Baca Juga: Aktifkan Smart Sidebar Oppo F9 dengan Cara Ini

“Lima proteksi ini adalah Adaptor Overload Protection, Rapid Charge Condition Judgement, Port Overload Protection, Battery Overload Protection, dan Battery Fuse Protection,” jelas Aryo.

Jadi nantinya, ketika charger VOOC dihubungkan ke smartphone, sistem VOOC akan secara otomatis mengenali apakah smartphone yang diisi daya baterainya mendukung VOOC Flash Charge atau tidak. Jika tidak mendukung, maka sistem tidak akan mengaktifkan VOOC dan pengisian baterai smartphone akan berjalan secara normal.

Kami pun mencoba langsung teknologi VOOC Flash Charge ketika mengisi baterai Oppo Find X dan Oppo F9. Untuk mengetahui kecepatan pengisian baterai, kami menggunakan fitur Battery Wear Test dari AnTuTu Benchmark versi 7.

Baca Juga: Bikin Oppo Find X Makin Keren dengan Cara Ini

Berdasarkan pengujian kami, baterai Oppo Find X berkapasitas 3,730 mAh terisi hingga penuh dari 16% dalam waktu 85 menit. Sementara Oppo F9 dengan baterai berkapasitas 3,500 mAh, terisi sampai penuh dari 8% dalam waktu sekitar 78 menit.

Saat dilakukan pengisian, VOOC Flash Charge akan dengan cepat mengisi baterai smartphone hingga 90%. Namun ketika proses pengisian memasuki 90% hingga 100%, kecepatannya cenderung berjalan dengan normal untuk menghindari kelebihan pengisian daya baterai.

Baca Juga: Oppo F9 Starry Purple Gunakan Teknik Pewarnaan Khusus

Hingga saat ini, teknologi VOOC Flash Charge hanya bisa dirasakan di beberapa smartphone saja, termasuk smartphone flagship Oppo. Ada beberapa aksesoris tambahan yang bisa digunakan, yakni VOOC Powerbank dan VOOC Car Charger. (FHP)

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Harga Apple AirPods Pro “Lite” Cuma Rp 2 Jutaan?

Telset.id, Jakarta - Apple dilaporkan tengah mempersiapkan model "lite" dari AirPods Pro. Kabarnya, earphone TWS Apple tersebut bakal dijual dengan harga...

Robot Koki Ini Memasak untuk Pasien Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Teknologi robot digunakan demi menjaga logisitik pasien Virus Corona. Informasi terbaru menyebut jika ada 2 robot...

Pabrik Samsung Galaxy Z Flip Tutup Akibat Terinfeksi Corona

Telset.id, Jakarta - Beberapa waktu lalu, dilaporkan bahwa pabrik Samsung yang berada di Gumi, Korea Selatan ditutup sementara akibat...

Fatal! Kecanduan Gadget Bisa Mengubah Bentuk Otak manusia

Telset.id, Jakarta - Kecanduan gadget terbukti memberikan dampak buruk bagi fisik manusia. Penelitian terbaru menyebut jika kecanduan HP pintar...

Pendukung Bumi Datar Tewas Saat Ingin Buktikan Teorinya

Telset.id, Jakarta - Pendukung teori Bumi datar, Mike Hughes tewas pada Sabtu (22/02) di usia 64 tahun. Pria yang...
- Advertisement -