Wow! Hewan Ini Bisa Hidup Tanpa Oksigen

Hewan tanpa oksigen

Telset.id, Jakarta – Para peneliti menemukan hewan pertama dari jutaan spesies yang diketahui dapat bertahan hidup tanpa oksigen. Adalah Henneguya salminicola (H. salminicola) yang bisa bertahan hidup tanpa oksigen, dan biasanya hidup di otot inang salmon.

Menurut ahli zoologi dari Universitas Tel Aviv Israel, Dorothée Huchon, makhluk 10-sel itu telah berevolusi. Henneguya salminicola bisa tidak bernafas sama sekali. “Kami mengonfirmasi bahwa respirasi aerobik tidak terjadi,” katanya.

Menurutnya, penemuan itu menunjukkan bahwa evolusi dapat berjalan ke arah yang aneh. Pernafasan aerobik adalah sumber energi utama. Namun, Henneguya salminicola kini tidak menggunakannya.

{Baca juga: Dymka, Kucing Rusia dengan Kaki Berbahan Titanium [VIDEO]}

Dikutip Telset.id dari New York Post, Jumat (28/02/2020), penemuan tersebut dapat memengaruhi pemahaman umum bahwa kehidupan multisel membutuhkan oksigen untuk bisa hidup di Bumi.

Dengan pendekatan sekuensing dalam, peneliti menemukan Henneguya salminicola tidak memiliki DNA mitokondria, yang biasanya mengandung gen untuk respirasi.

Tidak jelas bagaimana hewan ini bertahan hidup tanpa oksigen. Kendati demikian, Huchon mengatakan, kemungkinan besar Henneguya salminicola hidup dengan mengambil energi dari ikan, meski tanpa menghirup oksigen.

{Baca juga: CussCollar, Alat Canggih untuk Bantu Anjing Memaki Majikan}

“Belum jelas bagi kita bagaimana parasit menghasilkan energi. Kalau tidak dari sel-sel ikan, mungkin H. salminicola punya jenis respirasi berbeda seperti pernapasan bebas oksigen,” terangnya.

Respirasi mitokondria telah menjadi karakteristik purba organisme multisel di planet kita. Secara sains, setiap sel dalam tubuh kita, kecuali sel darah merah, memiliki jumlah besar mitokondria. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here