Windows 8.1 Resmi Diluncurkan di Indonesia

Windows 8.1
Windows 8.1

Jakarta – Microsoft hari ini resmi meluncurkan Windows 8.1 serentak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sistem operasi kaya fitur ini merupakan update dari Windows 8 yang diluncurkan pada Oktober tahun lalu.

Windows 8.1 merupakan pengembangan Windows bagi pengguna komputasi yang semakin personal. Update ini diklaim membawa sejumlah perubahan yang memungkinkan penggunanya menikmati pengalaman bekerja dan bermain melalui perangkat PC atau tablet, baik saat berada di kantor, rumah, maupun di perjalanan.

Mulai hari ini, pengguna Windows 8 dapat mengunduh update ini secara gratis melalui Windows Store. Selain itu, Windows 8.1 juga akan tersedia di beragam perangkat baru serta dalam kemasan boks ritel di berbagai lokasi seluruh dunia mulai 18 Oktober 2013.

Bernard Saisse, Marketing Director Microsoft Indonesia mengatakan, bahwa dengan Windows 8, Microsoft kini telah membawa inovasi bagi era baru yang mobile, optimalisasi fungsi sentuh, serta gaya hidup yang selalu terhubung ke Internet.

“Kini Windows 8.1 meneruskan visi ini dan memperluasnya hingga mencakup seluruh aktivitas yang dilakukan dari perangkat apapun, dari rumah, di tempat bekerja, maupun di perjalanan,” kata Bernard Saisse.

“Windows 8.1 menghadirkan pengalaman yang lebih personal, dengan lebih banyak cara untuk menciptakan pengalaman baru yang lebih ekspresif, dan sejalan dengan hidup kita,” tambahnya.

Sistem operasi Windows terbaru ini membawa sejumlah peningkatan dan perbaikan, serta kustomisasi dan fungsi seperti, dikembalikannya tombol “Start”, setelah sebelumnya sempat dihilangkan  pada Windows 8.

Perubahan lain misalnya layar Start dapat dikustomisasi dengan pilihan untuk mengubah ukuran Live Tiles, peningkatan fungsi Search, aneka pilihan layanan dan aplikasi sejak Start, kemampuan Multitasking, dan penambahan Skype sebagai aplikasi bawaan.

Windows 8.1 juga menghadirkan aneka app baru yang memperkaya Windows Store seperti Evernote, Facebook for Windows 8.1, Hulu Plus, Adobe Photoshop Express, eBay, Netflix dan NOOK.

Sementara itu, Lucky Gani, Business Group Head, Windows Division Microsoft Indonesia menerangkan, bahwa Windows 8.1 tersedia dalam paket DVD full-package untuk keperluan instalasi di komputer yang belum memiliki sistem operasi.

D Indonesia, kata Lucky, paket box DVD ini akan dipasarkan oleh retailer yang menjadi rekanan Microsoft Indonesia, seperti di Bhinneka dan Pazia.

“Untuk harganya kami masih belum bisa umumkan, karena itu retailer yang menentukan,” ujarnya. Karena, lanjut Lucky, harga paket Windows 8.1 bisa bervariasi antar pengecer.

Jika merujuk pada harga di pasaran internasional, DVD Windows 8.1 dijual seharga USD120 atau sekitar Rp 1,3 juta (kurs 1 dolar = Rp 11.000) untuk versi reguler dan USD 200 (sekitar Rp 2,2 juta) untuk versi Pro.[HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI