Minim Alat, Relawan Suriah Bikin Ventilator Covid-19 Darurat

Telset.id, Jakarta – Tim relawan Suriah membuat prototipe ventilator Covid-19 dan mesin penguji buatan sendiri untuk melawan virus corona. Sebab, rumah sakit di sana terbengkalai setelah sembilan tahun perang.

Kelompok beranggotakan 12 orang, terutama teknisi dan insinyur, menggarap ratusan mesin darurat untuk memerangi pandemi Covid-19 di barat laut Suriah. Di sana, hampir satu juta orang kehilangan tempat tinggal tahun ini.

{Baca juga: Tim Robotik Bikin Ventilator dari Onderdil Mobil Bekas}

“Jika kasus virus corona mulai muncul di sini, secara cepat akan menyebar luas. Kami sedang mengerjakan alat ini karena tidak akan ada cukup mesin,” kata Ayoub Abdul-Karim, spesialisasi dalam peralatan medis.

Menurut New York Post, dikutip Telset.id, Minggu (26/04/2020), ventilator Covid-19 buatan tim relawan Suriah dipasang di dalam kotak kayu berwarna coklat. Sebuah selang plastik putih menjulur untuk membantu para pasien tetap bernapas.

Dokter khawatir orang-orang di kamp-kamp yang penuh sesak tidak terlindungi jika wabah virus corona melanda daerah tersebut. Sebagian besar dari tiga juta warga wilayah itu melarikan diri ke bagian lain di Suriah.

{Baca juga: Cerdik! Pompa ASI Diubah jadi Ventilator Pasien Virus Corona}

Tim relawan Suriah sejauh ini mencoba prototipe ventilator Covid-19 di rumah sakit dan mendapat lampu hijau dari dokter setempat. Mereka berharap mendapat dana atau peralatan dari lembaga bantuan di barat laut yang melintasi Turki.

Sekadar informasi, di tengah isolasi diri orang-orang di dunia, warga Suriah justru berdesakan di kamp-kamp pengungsian dan permukiman sementara. Air bersih langka, penyakit marak, dan jarak sosial adalah mustahil. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0