Cegah Covid-19, Pintu di Supermarket Ini “Bebas Sentuh”

Cegah Covid-19

Telset.id, Jakarta – Di tengah pandemi virus corona, orang-orang enggan menyentuh kenop dan gagang pintu di tempat umum. Namun, sebuah supermarket di Finlandia menerapkan gagang pintu “bebas sentuh” untuk cegah Covid-19 menular.

Seperti dilansir New York Post, bentuk pegangan yang dipasang di supermarket itu memungkinkan pintu dibuka menggunakan lengan. Tujuannya adalah untuk cegah Covid-19 atau penularan mikroba via gagang pintu.

Selasa (21/04) waktu setempat lalu, para pelanggan supermarket bisa menguji gagang pintu “bebas corona” tersebut. Banyak penduduk setempat, seperti ahli terapi okupasi bernama Stiina, menyambut inisiatif ini.

{Baca juga: 4 Gerakan Kemanusiaan Warganet Bantu Korban Covid-19}

“Saya pikir itu sangat fungsional. Para penyandang cacat dapat menggunakannya secara mudah. Tempat-tempat lain mungkin bisa menerapkan perangkat serupa,” kata Stiina, dikutip Telset.id, Minggu (26/04/2020).

Gagangtersebut terbuat dari plastik daur ulang. Proses pengembangan memakan waktu dua minggu oleh perusahaan energi asal Finlandia bernama Fortum. Untuk mencetaknya, mereka menggunakan teknologi printer 3D.

Belum lama ini, perusahaan percetakan 3D berbasis di Belgia, Materialize, membuat semacam lempengan yang punya manfaat luar biasa. Benda tersebut memungkinkan pengguna untuk buka pintu tanpa menyentuh gagang.

Pengguna bisa menggunakan lengan untuk menekannya. Pintu pun akan terbuka. Cara itu diyakini akan meminimalisasi potensi penularan virus corona atau Covid-19.

{Baca juga: Alat Ini Bantu Anda Buka Pintu Tanpa Menyentuh Gagang}

Wakil Presiden Materialize, Bryan Crutchfield, mengatakan bahwa ide untuk membuka pintu tanpa menggunakan tangan muncul di tengah wabah virus corona. Tujuannya untuk mencoba menahan penyebaran virus.

Ia mengemukakan, waktu yang dibutuhkan untuk mendesain benda tersebut hanya dalam 24 jam. Desain lalu dicetak menggunakan printer 3D guna menghasilkan prototipe pertama. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here