Tim Robotik Bikin Ventilator dari Onderdil Mobil Bekas

Ventilator dari Onderdil Mobil

Telset.id, Jakarta  – Somaya Farooqi (17) dan empat gadis remaja lain merupakan anggota tim robotika wanita pemenang hadiah Afghanistan. Mereka sedang dalam misi penyelamatan jiwa dengan membuat ventilator dari onderdil mobil bekas.

Farooqi dkk ingin membantu pemerintah yang tengah berperang melawan virus corona dengan membuat ventilator dari onderdil mobil bekas.

“Kalau bisa menyelamatkan satu nyawa saja dengan perangkat ini, kami akan sangat bangga,” terangnya, seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Selasa (21/4/2020).

{Baca juga: Cerdik! Pompa ASI Diubah jadi Ventilator Pasien Virus Corona}

Hanya satu generasi lalu, selama pemerintahan Taliban fundamentalis Islam pada akhir 1990-an, anak perempuan tidak diizinkan pergi ke sekolah. Sebagai misal ibunda Farooqi. Ia terpaksa harus putus sekolah ketika baru mengenyam studi di kelas tiga.

Setelah invasi Amerika Serikat ke Afghanistan pada 2001, anak-anak perempuan kembali ke sekolah. Namun, upaya mereka mendapatkan hak yang sama tetap merupakan sebuah perjuangan. Farooqi menyadarinya. Meski demikian, ia sama seklai tidak gentar.

“Kami adalah generasi baru. Kami berjuang dan bekerja untuk orang-orang. Perempuan atau laki-laki, tidak lagi masalah. Saya dan teman tim robotika sedang berusaha membuat alat pernapasan untuk membantu penanganan Covid-19,” ucapnya.

Afghanistan menghadapi pandemi Covid-19 hampir dengan tangan kosong. Negara itu hanya memiliki 400 ventilator untuk populasi lebih dari 36,6 juta orang. Sejauh ini, telah dilaporkan lebih dari 900 kasus corona dengan 30 kematian di sana.

Provinsi Herat di Afghanistan barat adalah salah satu zona merah karena kedekatannya dengan Iran, pusat penyebaran wabah virus corona di kawasan tersebut. Farooqi dan anggota tim robotika pun berharap benar-benar bisa menghadirkan solusi.

{Baca juga: Produsen Mobil SEAT Bikin Ventilator dari Wiper Kaca}

Mereka sedang bereksperimen dengan dua desain berbeda, termasuk cetak biru dari Massachusetts Institute of Technology. Bagian-bagian yang digunakan meliputi motor wiper kaca depan Toyota, baterai, dan set masker bag valve, atau pompa oksigen.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here