Transformasi Digital, XL Gunakan SAP S/4HANA Cloud

XL Axiata Cloud SAP Indonesia

Telset.id, Jakarta – XL Axiata melakukan transformasi digital untuk layanan operasional perusahaan dengan menggunakan SAP S/4HANA Cloud. Solusi cloud ini hadir untuk meningkatkan layanan operasional perusahaan.

Menurut Direktur/Chief Information Digital Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya penggunaan SAP S/4HANA Cloud dilakukan sebagai bagian dari strategi perusahaan untuk melakukan transformasi digital pada layanan operasional secara menyeluruh.

“Kami sangat percaya dan berkomitmen penuh terhadap transformasi digital sebagai bagian dari strategi bisnis perusahaan,” kata Yessie.

Melalui konferensi pers virtual pada Selasa (20/10/2020) Yessie enggan menjelaskan nilai investasi XL untuk menghadirkan solusi cloud ini.

{Baca juga: XL Axiata Bagikan 2,2 Juta Paket Internet Gratis untuk Belajar Online}

Perempuan lulusan Teknik Elektro Universitas Satya Wacana tersebut hanya menambahkan bahwa SAP S/4HANA Cloud akan membantu XL dalam melakukan transformasi digital dan meningkatkan efisiensi pada layanan operasional.

“Dengan SAP S/4HANA Cloud, kami memiliki teknologi yang handal dari penyedia layanan ERP terbaik di dunia untuk membantu kami mentransfromasi proses bisnis kami di seluruh operasional,” ujar Yessie.

SAP S/4HANA memiliki dua keunggulan. Pertama memberikan infrastruktur TI yang lebih sederhana dan efisien, yang mampu menyediakan desain sumber tunggal kebenaran atau single source of truth bagi keuangan ataupun data perusahaan lainnya.

Kedua mampu membantu manajemen untuk membuat keputusan yang lebih strategis lewat input dari dashboard keuangan yang memberikan wawasan secara realtime dan membantu XL untuk memenuhi peraturan International Financial Reporting Standards (IFRS) 16.

“SAP 4/HANA dapat membantu kegiatan automated lease accounting guna mematuhi IFRS 16 serta memungkinkan persyaratan hukum lokal dan praktik bisnis terbaik untuk mematuhi peraturan dan hukum Indonesia,” jelas Yessie.

Untuk meningkatkan penggunaan SAP 4/HANA Cloud, XL juga telah melakukan integrasi SAP 4/HANA Cloud dengan solusi Line of Business (LoB) SAP Cloud lainnya seperti Success Factors dan SAP Concur.

Selain itu, SAP S/4HANA Cloud juga terintegrasi dengan sistem manajemen inti disekitarnya, seperti manajemen tower, sourcing, manajemen aset jaringan, dan billing.

Penggunaan SAP S/4HANA Cloud disambut baik oleh Managing Director SAP Indonesia Andreas Diantoro. Ia mengatakan bahwa XL menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Asia Tenggara yang mengimplementasikan SAP S/4Hana cloud

“Sebagai perusahaan telko pertama yang mengimplementasikan SAP S/4HANA Cloud tidak hanya di Indonesia, namun juga di Asia Tenggara,” tegas Andreas.

Sekedar informasi kalau  XL berkolaborasi dengan SAP Services agar implementasi SAP S/4HANA Cloud berjalan dengan baik.

{Baca juga: Strategi XL Axiata Antisipasi Lonjakan Trafik PSBB Jakarta}

Tim SAP Services memandu proses transformasi end-to-end, hingga project management and support. Seluruh proyek diseselsaikan sesuai jadwal dan secara off-site karena adanya PSBB Covid-19.[NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here