Trafik Internet Dunia Meningkat 50% Selama Lockdown Covid-19

Trafik internet dunia

Telset.id, Jakarta Trafik internet selama lockdown dilaporkan meningkat signifikan. Menurut penelitian Nokia Deepfield, kebijakan lockdown di beberapa kota dunia untuk menghentikan penyebaran virus corona atau Covid-19 berdampak pada meningkatnya trafik internet.

Dalam melakukan penelitian, Nokia Deepfield memanfaatkan big data yang didukung oleh kecerdasan jaringan atau network intelligence dan teknologi analitik.

Dari situ, Nokia Deepfield mencatat, kenaikan trafik internet dunia berada di kisaran 30% sampai 50% selama lockdown Covid-19 berlangsung.

{Baca juga: Dampak WFH, Trafik Internet Telkomsel Naik Hingga 16%}

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Telset.id pada Senin (13/04/202), Nokia Deepfield menjelaskan bahwa peningkatan trafik internet biasanya terjadi di malam hari.

Selain itu, mereka pun membeberkan kalau aplikasi streaming, game dan aplikasi video conference, merupakan tiga kategori aplikasi yang paling sering digunakan masyarakat dunia selama lockdown atau social distancing untuk mengurangi penyebaran virus corona.

{Baca juga: Beda Kebijakan, Kemenhub Izinkan Ojol Bawa Penumpang saat PSBB}

Di kategori aplikasi streaming, Netflix dan YouTube menjadi dua aplikasi yang sering digunakan. Bahkan, Netflix memperoleh peningkatan trafik signifikan, mencapai 54% sampai 75% selama lockdown.

Peningkatan trafik internet untuk game dan aplikasi video conference juga tinggi. Masing-masing terjadi peningkatan 400% untuk game dan 300% untuk aplikasi video conference, seperti Zoom dan Skype di Amerika Serikat.

{Baca juga: Dampak WFH, Trafik Internet Telkomsel Naik Hingga 16%}

Nokia Deepfield menilai, sejauh ini para operator seluler dan ISP masih dapat memenuhi permintaan yang meningkat. Meski, peningkatan trafik internet selama lockdown virus corona diprediksi akan terus tumbuh selama satu tahun.

Sebelumnya, trafik internet Telkomsel mengalami kenaikan hingga 16%. Lonjakan trafik internet didominasi oleh penggunaan aplikasi belajar online seperti Ruang Guru, aplikasi yang tergabung dalam Paket Ilmupedia, situs e-learning Kampus dan Google Classroom.

{Baca juga: Seminggu “Work From Home”, Trafik Internet XL Naik Signifikan}

Begitu juga dengan XL Axiata yang naik sekitar 10% hingga 15% dibandingkan hari normal. Berdasarkan aplikasi yang digunakan, trafik tertinggi terjadi pada aplikasi streaming digital dan aplikasi belajar online. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here