Usia S Voice Assistant Milik Samsung Tinggal 2 Bulan Lagi

Samsung S Voice Assistant

Telset.id, Jakarta – Masih ingat dengan S Voice Assistant di Samsung? Sebelum ada Bixby, S Voice Assistant merupakan asisten suara yang bisa dimanfaatkan pengguna smartphone Samsung. Setelah lama tak terdengar, Samsung mengumumkan akan segera mematikan fitur itu di pertengahan tahun ini.

Dilaporkan, perusahaan asal Korea Selatan tersebut mengumumkan akan akan menghentikan operasional S Voice Assistant paling lambat pada tanggal 1 Juni 2020.

Sebagaimana dilansir dari Sammobile, Senin (13/04/2020), meski berfungsi dengan baik, nyatanya S Voice tak secanggih Bixby atau Google Assistant.

(Baca Juga: Samsung Galaxy Note 20 Tampil Tanpa “Poni” atau “Tompel”}

Memang, beberapa perintah suara dasar tetap bisa ia lakukan. Misalnya, membuka aplikasi, memerintahkan panggilan telepon, atau membuat reminder.

S Voice mulai ditinggalkan Samsung ketika mereka menghadirkan Bixby yang ditanamkan di Galaxy S8. Secara kemampuan, Bixby jauh lebih canggih dan pintar bila dibandingkan fitur tersebut.

Tidak masuk akal rasanya bila Samsung masih mempertahankan dua fitur serupa. Apalagi, Samsung memang terlihat tidak tertarik mengembangkan potensi S Voice Assistant.

{Baca Juga: Samsung Patenkan Quad Curved Screen, Terinspirasi Huawei P40 Pro?}

Ketika S Voice Assistant mati, asisten suara itu akan memberikan respon berupa “I’m unable to process your request. Try again later”, apabila pengguna mencoba menggunakannya.

Sampai saat ini, masih ada beberapa smartphone dan tablet Samsung yang menggunakan S Voice, seperti Galaxy A3, A5, A7, A8, A9, Galaxy Note FE, Galaxy Note 2, 3, 4, 5, Galaxy S3, 4, S5, S6, S6 edge, Galaxy Note Pro 12.2, Galaxy W, Galaxy Tab 4, Galaxy Tab 4 8.0/10.1, Galaxy Tab S8.4 and S10.5.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Penghentian fitur ini mungkin tidak akan begitu berpengaruh. Sebab, fitur tersebut belum begitu populer seperti Bixby, Siri, dan Google Assistant di masa kini. Pun sebenarnya, sudah tidak ada lagi smartphone baru Samsung yang menggunakan fitur asisten suara lawas itu. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here