Dampak WFH, Trafik Internet Telkomsel Naik Hingga 16%

Telset.id, Jakarta – Himbauan pemerintah untuk bekerja, belajar dan beribadah dari rumah atau dikenal dengan istilah Work From Home (WFH) berdampak pada trafik internet Telkomsel. Operator pelat merah ini mengalami kenaikan trafik internet hingga 16%.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterim tim Telset.id pada Selasa (07/04/2020), Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan sejak masyarakat dan pelaku industri mulai menjalankan himbauan dari Pemerintah RI untuk beraktifitas dari rumah, terjadi lonjakan trafik internet.

“Hingga kini Telkomsel mencatat lonjakan trafik komunikasi khususnya layanan broadband tertinggi mencapai 16%,” kata Setyanto.

{Baca juga: TELSET NGOPI SOB: Kenapa Paket Internet Telkomsel kok ‘Mahal’?}

Lonjakan trafik internet didominasi oleh penggunaan aplikasi belajar online seperti Ruang Guru, aplikasi yang tergabung dalam Paket Ilmupedia, situs e-learning Kampus dan Google Classroom yang trafiknya meningkat lebih dari 5404%.

“Hal tersebut juga didorong dari bertambahnya pelanggan yang memanfaatkan kemudahan akses e-learning melalui paket bebas kuota hingga 30GB yang dihadirkan Telkomsel,” ujar Setyanto.

Peningkatan trafik juga terjadi untuk aplikasi video conference seperti Zoom, Microsoft Teams dan CloudX Telkomsel yang mencapai 443% selama WFH yang bertujuan untuk menekan penyebaran Virus Corona atau Covid-19 berlangsung.

Khusus untuk CloudX, Telkomsel telah menghadirkan paket bebas kuota data hingga 60 GB untuk akses aplikasi CloudX Telkomsel yang merupakan solusi bisnis korporasi dalam bentuk layanan komunikasi berbasis cloud untuk chatting dan meeting yang dapat diakses melalui tablet, handphone dan desktop.

{Baca juga: Telkomsel Gratiskan Akses Situs Resmi Informasi COVID-19}

Kemudian trafik internet di aplikasi media sosial cenderung stabil namun peningkatan terjadi pada aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, Line, dan Telegram sebesar 40%.  Peningkatan trafik juga terjadi pada aplikasi games online meningkat sebesar 34% yang diikuti dengan tumbuhnya pengguna aktif Dunia Games sebesar 56%.

Terakhir Aplikasi streaming video seperti Youtube dan MAXstream juga melonjak sebesar 17% dan 18% dibandingkan bulan sebelumnya.”Untuk layanan hiburan seperti streaming video seperti melalui Youtube dan MAXstream, terjadi lonjakan trafik,” tutup Setyanto. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI