Tokopedia Ungkap 5 Kategori Produk Paling Populer di Akhir Tahun

Telset.id,Jakarta – Selama pandemi, platform teknologi seperti Tokopedia semakin menjadi andalan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan harian hingga berbisnis. Tokopedia pun mencatat ada 5 kategori produk yang paling populer di akhir tahun 2020. 

Menurut External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya terjadi pertumbuhan jumlah pengguna aktif bulanan Tokopedia yang saat ini mencapai lebih dari 100 juta, meningkat lebih dari 10 juta jika dibandingkan sebelum pandemi.

Jumlah penjual pun meningkat menjadi 9,9 penjual. Fakta menarik adalah mayoritas penjual adalah pelaku UMKM yang jumlahnya mengalami peningkatan selama pandemi Covid-19. 

 “Kini ada lebih dari 9,9 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100% UMKM. Artinya, ada kenaikan sebesar lebih dari 2,7 juta dari yang awalnya 7,2 juta penjual sejak sebelum pandemi Covid-19,” ungkap Ekhel. 

{Baca juga: Belanja di Tokopedia, Steam, Blibli dkk Kena PPN 10 Persen}

“Tokopedia ke depannya akan terus berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa dalam membantu masyarakat beradaptasi menghadapi perkembangan era melalui teknologi. Caranya dengan terus berkolaborasi dengan para mitra strategis,” tambah Ekhel.

Tahun 2020 pun segera berakhir dan Tokopedia mengungkap fakta menarik terkait prilaku konsumen menjelang akhir tahun 2020. Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Kamis (31/12/2020) terdapat 5 kategori produk yang paling populer di akhir tahun. 

Produk Paling Populer Akhir Tahun 

Di sisi lain, berdasarkan data internal Tokopedia, kategori Makanan dan Minuman, Kesehatan, Perawatan Hewan, Buku dan Pertukangan menjadi 5 kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi menjelang akhir tahun ini.

Pertama adalah kategori Makanan dan Minuman. Transaksi kategori Makanan dan Minuman meningkat lebih dari 3 kali lipat menjelang akhir tahun. Produk sembako seperti madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras menjadi produk paling dicari. 

Kedua adalah kategori Kesehatan. Produk Kesehatan juga meningkat lebih dari 3 kali lipat. Selain itu dari berbagai produk lainnya, masker tetap menjadi produk yang paling diburu masyarakat.

Kantor Tokopedia (Foto : Tokopedia)

Ketiga adalah Perawatan Hewan. Memelihara hewan ternyata menjadi hobi yang semakin naik daun. Ini mendorong peningkatan transaksi pada kategori Perawatan Hewan di Tokopedia menjadi lebih dari 3 kali lipat. 

{Baca juga: Tokopedia Jaminan Tepat Waktu, Kiriman Telat Ongkir Kembali 100%}

Berdasarkan spesifikasi produk ternyata pengguna Tokopedia banyak mencari aquarium, makanan kucing, ikan dan anjing sehingga produk-produk tersebut menjadi produk paling laris.

Keempat adalah kategori Buku. Selain memelihara hewan, membaca pun semakin diminati selama pandemi. Terlihat dari peningkatan transaksi pada kategori Buku di Tokopedia sebesar hampir 2,5 kali lipat. 

Buku pengembangan diri, karir, anak, novel nonfiksi hingga religi menjadi produk yang paling populer.

Kelima adalah Pertukangan. Tingginya aktivitas di rumah mendorong masyarakat merenovasi rumah. Terlihat dari peningkatan transaksi kategori Pertukangan yang mencapai lebih dari 2,5 kali lipat. 

Kertas dinding, pompa angin, serta perlengkapan listrik seperti adaptor dan stop kontak merupakan produk yang paling diminati.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga HP Terbaru 2020}

Kelima produk yang paling populer di akhir tahun 2020 menggambarkan bahwa masyarakat ingin menghabiskan malam pergantian tahun dengan kegiatan yang positif di rumah. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI