Tokopedia Rekap Tren Belanja Online Sepanjang 2023

Telset.id, Jakarta – E-commerce ternyata menjadi solusi berbelanja yang praktis dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Fakta ini bisa terlihat dari tren belanja online Tokopedia sepanjang 2023.

Diketahui, sepanjang tahun 2023 (data Januari-September 2023 dibandingkan Januari-September 2022), Tokopedia mencatat ada sejumlah kategori produk yang paling laris dibeli masyarakat. Diantaranya Rumah Tangga dan Groceries, yang mencakup Makanan dan Minuman, Kecantikan dan Perawatan Tubuh.

Jumlah penjual dan transaksi di Tokopedia di berbagai wilayah di Indonesia juga ikut meningkat. Sebagainya contoh, Sampang (Jawa Timur), Barito Kuala (Kalimantan Selatan) dan Tanggamus (Lampung), mengalami kenaikan tertinggi jumlah penjual dengan rata-rata peningkatan hampir 1,5 kali lipat.

“Beberapa wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain Maluku Barat Daya (Maluku), Yahukimo (Papua) dan Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat), dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat. Tokopedia juga mencatat pengiriman terjauh pada 2023 terjadi dari Banda Aceh ke Merauke untuk produk jersey dan celana sepeda,” ujar ungkap Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan.

BACA JUGA:

Pada kategori produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh, beberapa produk terlaris di Tokopedia atau yang mengalami peningkatan tertinggi transaksi, yaitu parfum dan cologne, essential oil dan minyak pijat, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2 kali lipat.

Selain itu, pada kategori produk Rumah Tangga, beberapa produk terlaris di Tokopedia atau yang mengalami peningkatan tertinggi transaksi, antara lain alat kebersihan, pengharum ruangan dan perlengkapan pesta, dengan rata-rata kenaikan 2,5 kali lipat.

Di kategori produk Makanan dan Minuman, air mineral, seafood dan beras menjadi beberapa produk terlaris di Tokopedia atau mengalami kenaikan tertinggi transaksi, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 3 kali lipat.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Kamis (28/12/2023), temuan menarik lain adalah sepanjang tahun 2023 ada peningkatan transaksi hampers sebesar lebih dari 9 kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2022.

“Ini memperlihatkan makin tingginya antusiasme masyarakat untuk saling berbagi atau berkirim hadiah dalam bentuk hampers, yang dengan sangat mudah dan terjangkau bisa didapatkan melalui Tokopedia,” jelas Aditia lagi.

BACA JUGA:

Terakhir terkait tren belanja online di Tokopedia, terlihat peningkatan yang signifikan pada transaksi produk digital di Tokopedia sepanjang tahun 2023. Beberapa produk seperti pajak daerah, e-invoicing dan internet dan TV mengalami rata-rata kenaikan lebih dari 7 kali lipat.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI