Tim Cook Dibela Mantan CEO Apple yang Pecat Jobs

Mantan CEO Apple, John Sculley
Mantan CEO Apple, John Sculley

Jakarta – Di saat mendapat banyak kritikan pedas akibat merosotnya saham Apple dan semakin minimnya inovasi yang dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir, CEO Apple Tim Cook justru mendapat pembelaan dari mantan CEO Apple John Sculley.

Sculley yang pernah menjabat sebagai CEO Apple sejak tahun 1983 hingga 1993 mengatakan, bahwa Cook telah melakukan hal yang ‘sangat luar biasa’ sejak mengambil tongkat estafet kepemimpinan dari Steve Jobs.

Sebagai mantan CEO selama satu dasawarsa, Sculley tentu sangat mengetahui “jeroan” perusahaan yang bermarkas di Cupertino tersebut. Menurutnya Cook tetap bisa mempertahankan falsafah Apple yakni menentang kompromi, produk berkualitas, dan style menawan.

Di mata Sculley, Cook telah melakukan semua hal yang sangat luar biasa itu tanpa harus mencoba menjadi Steve Jobs.

“Saya pikir Cook telah melakukan tugasnya dengan sangat cemerlang. Dia tidak mencoba menjadi Steve jobs, karena hanya satu orang yang bisa menjadi Steve Jobs dan itu adalah Steve sendiri,” kata Sculley kepada CNBC Asia yang dikutip telsetNews dari cultofmac Rabu (9/10).

Saat diminta tanggapannya soal semakin merosotnya saham Apple, Sculley mengatakan dia tetap yakin Apple akan baik-baik saja. Sculley juga memberikan pandangannya tentang perkembangan Android yang kini menjadi rival terberat iOS.

“Android sudah sangat besar, bukan tidak mungkin pangsa pasar Android akan semakin meluas. Tetapi Apple hanya membuat produk berkualitas,” ujar pria yang pernah “memecat” Steve Jobs ini.

Sculley juga menyoroti perkembangan seputar BlackBerry yang kini sedang terseok-seok terlilit masalah keuangan. Menurutnya, BlackBerry sebaiknya memisahkan divisi hardware dan layanannya agar bisa kembali bersaing di pasar mobile seperti dulu.

“Saya yakin masa depan BlackBerry masih cerah dan mereka (BlackBerry) masih akan tetap ada di sini (pasar mobile),” tutur Sculley menutup pembicaraannya.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI