telset

Telkomsel Ungkap 4 Kunci Sukses Penggunaan Jaringan 5G

Telset.id, Jakarta – Uji coba jaringan 5G sudah mulai dilakukan di Indonesia. Walaupun belum resmi hadir, namun jaringan yang menjanjikan kecepatan dan latensi rendah ini mulai menjadi perhatian publik. Telkomsel pun berbagi kiat agar penggunaan jaringan generasi kelima ini bisa lebih maksimal. Bagaimana caranya?

Menurut General Manager Network Strategic Roadmap Telkomsel, Christian Guna Gustiana ada empat hal yang menjadi kunci kesuksesan implementasi jaringan 5G di Indonesia.

{Baca juga: Telkomsel Tunggu Regulasi Pemerintah Soal 5G}

Pertama adalah Transformation. Maksudnya industri di Indonesia harus selalu melakukan transformasi digital sehingga bisa lebih adaptif terhadap teknologi baru seperti jaringan 5G.

“Perusahaan harus bertransformasi dari industri lama ke industri digital,” ujar Christian di Telkomsel Smart Office Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Kedua adalah Local Ecosystem. Disini Christian menyebut, pemerintah serta swasta perlu membangun ekosistem seperti perangkat, jaringan serta aplikasi untuk mendukung 5G.

Salah satu caranya adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM) lokal yang mampu mengembangkan ekosistem jaringan ini di Indonesia.

“Ekosistemnya juga harus didorong untuk lebih berkembang lagi. Coba bekerja sama dengan stakeholder.  Untuk pendidikan seperti universitas bisa disediakan coverage agar bisa mencoba (5G),” tutur Christian lagi.

Ketiga adalah Regulation. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) harus membuat regulasi yang tepat terkait jaringan generasi kelima ini. Christian menyarankan agar pemerintah bisa berdialog dengan pelaku industri telekomunikasi terkait regulasi tersebut.

Keempat adalah Collaboration. Agar implementasi jaringan 5G bisa maksimal perusahaan telekomunikasi harus membangun kemitraan dengan penyedia peralatan manufaktur dan industri.

“Kolaborasi ini diperlukan agar jaringan bisa dimanfaatkan untuk sektor industri. Provider dengan industri harus kolaborasi juga,” katanya.

{Baca juga: Bos Indosat: Ekosistem 5G di Indonesia Belum Siap}

Lebih lanjut Christian mengatakan bahwa jaringan 5G Telkomsel dapat mendukung rencana pemerintah Indonesia untuk membangun Industry 4.0 yang berfokus pada penerapan teknologi Cyber Physical System dengan algoritma serta Internet of Things (IoT).

“Jaringan 5G Telkomsel itu dimungkinkan untuk penerapan Industry 4.0,” tutupnya. [NM/IF]

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0