Kembangkan IoT 5G, XL Gandeng IPB dan Polman Astra

Telset.id, Jakarta – XL Axiata menggandeng perguruan tinggi dalam mengembangkan IoT 5G. Ada 2 perguruan tinggi yang diajak bekerja sama yakni Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Politeknik Manufaktur (Polman) Astra.

Melalui konferensi pers virtual pada Rabu (25/8/2021), Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan bahwa kerja sama ini bertujuan untuk mempercepat pengembangan ekosistem IoT yang didukung jaringan 5G di Indonesia.

Apalagi pada pekan lalu Kementerian Kominfo telah menyatakan bahwa XL Axiata berhak mendapat Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO), untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia.

{Baca juga: Pelanggan XL Axiata Bisa Jajal Cepatnya Internet 5G di XL Center}

“Karena itu kami akan mempercepat pengembangan ekosistem 5G, selaras dengan spirit untuk terus berinovasi dan selalu adaptif terhadap setiap perkembangan teknologi telekomunikasi secara global,” kata I Gede.

I Gede menambahkan bahwa IPB dan Polman Astra merupakan perguruan tinggi, yang banyak mengembangkan inovasi di bidang pertanian serta manufaktur. Kedua bidang yang sangat dibutuhkan di industri saat ini.

“Setiap pelaku industri memiliki kekhasannya masing-masing, sehingga solusinya harus  menjawab kebutuhan. Kami merasa perlu untuk menggandeng kampus dalam rangka bersama-sama mengeksplorasi problem dan solusi yang tepat guna,” lanjut I Gede.

Kembangkan IoT Berbasis 5G

Kerja sama antara XL Axiata, IPB dan Polman Astra akan berlangsung selama dua tahun ke depan. XL Axiata melalui laboratorium pengembangan IoT X-Camp berkolaborasi untuk mengembangkan platform berbasis IoT di jaringan 5G.

“Kerja sama ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan keahlian dalam pengembangan IoT 5G, khususnya di bidang pertanian dan manufaktur,” tutur I Gede.

{Baca juga: XL Axiata Akuisisi Link Net, Bagaimana Nasib Pelanggan First Media?}

Saat ini XL sedang mengembangkan IoT bidang pertanian bersama dengan IPB dan Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS), yakni Melon Harvesting Robot. Teknologi ini mampu menentukan waktu panen Melon secara akurat dengan image processing.

XL Axiata IPB Polman Astra
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa

Sementara itu, Polman Astra dan XL akan turut menerapkan 5G pada Quality Auto Inspection. Polman dan XL akan mengembangkan solusi terkait quality control barang hasil produksi yang berbasis pada image processing.

Keduanya juga akan mengembangkan pengiriman hasil produksi lewat drone hingga penggunaan teknologi Automated Guided Vehicle (AGV), untuk perusahaan manufaktur.

Lalu XL dan Astra turut mengembangkan Computer Numerical Control (CNC), yang mampu mengendalikan produksi dari jarak jauh. Rencananya berbagai teknologi tersebut akan diuji coba di di PT Akebono Brake Astra Indonesia.

{Baca juga: Siap-siap! XL Axiata Gelar Jaringan 5G Tahap Pertama di 4 Kota Ini}

Kita tunggu bagaimana hasil kolaborasi antara XL, IPB dan Polman Astra. Semoga saja ketiganya akan segera merilis produk-produk IoT yang berguna untuk industri di Tanah Air. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0