telset

Siap-siap! XL Axiata Gelar Jaringan 5G Tahap Pertama di 4 Kota Ini

Telset.id, Jakarta – XL Axiata menjadi operator telekomunikasi Indonesia berikutnya yang bersiap menggelar jaringan internet generasi kelima. XL Axiata berencana akan menggelar koneksi internet 5G di pertengahan Agustus 2021 mendatang di beberapa kota Indonesia.

Melalui keterangan resmi yang diterima pada Jumat (13/8/2021), Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, menjelaskan ada 4 kota yang dapat merasakan langsung kencangnya jaringan internet generasi kelima di Indonesia pada tahap awal.

“Untuk tahap awal, jaringan 5G XL Axiata tersedia di 4 kota yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya, dengan cakupan area yang masih terbatas mulai pertengahan Agustus 2021,” ujar Dian.

{Baca juga: XL Gelar Jaringan Fiber Optik di Kawasan Industri Karawang}

Belum ada informasi pasti, mengenai tanggal berapa XL Axiata akan gelar 5G. Bahkan ketika tim Telset menghubungi Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih pada Jumat (13/8/201), perempuan yang akrab disapa Ayu ini enggan memberikan jawaban.

“Nanti kita infokan kalau sudah live ya,” katanya singkat.

XL Axiata Meraih SKLO Jaringan 5G 

Sebelumnya, XL Axiata menjadi operator seluler ketiga yang mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Kominfo. SKLO ini diperoleh usai sukses melakukan uji coba atau Uji Laik Operasi (ULO) jaringan 5G di Kota Depok.

Saat menggelar konferensi pers, Kamis (12/8/2021), Menkominfo Johnny G. Plate menjelaskan bahwa XL menjadi operator ketiga yang mendapatkan SKLO koneksi internet generasi kelima di Indonesia.

Kota 5G XL Axiata
XL dapat SKLO 5G dari Kominfo

“Saat ini telah terdapat 2 operator seluler yang menyediakan layanan komersial 5G yaitu Telkomsel dan Indosat Ooredoo. Hari ini kita bersama-sama menyambut keikutsertaan PT XL Axiata Tbk. yang baru saja mendapatkan SKLO layanan 5G,” kata Johnny.

Baca juga: XL Axiata Akuisisi Link Net, Bagaimana Nasib Pelanggan First Media?

Johnny menambahkan bahwa SKLO 5G diperoleh XL Axiata pada tanggal 6 Agustus 2021 lalu. SKLO 5G ini diperoleh usai XL sukses menggelar uji coba atau Uji Laik Operasi (ULO), 5G di Kota Depok khususnya area Jalan Margonda Depok. ULO 5G XL Axiata dilakukan pada tanggal 3 Agustus 2021 hingga 5 Agustus 2021.

“Jadi setelah sehari uji laik operasi, besoknya langsung diterbitkan SKLO tersebut,” ujar Johnny.

Penerbitan SKLO 5G ini sesuai dengan Pasal 4 Peraturan Menkominfo Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi.  Dengan diterbitkannya SKLO tersebut XL Axiata dinyatakan siap menggelar layanan 5G di pita frekuensi 1.800 Mhz.

{Baca juga: XL Axiata akan Gelar ULO 5G pada Agustus 2021 di Depok}

“Layanan jaringan 5G ini akan dilakukan pada pita frekuensi 1.800 Mhz dengan lebar pita 20 Mhz, dalam rentang 1807,5 Mhz sampai dengan 1827,5 Mhz,” tambah Johnny. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0