XL Axiata akan Gelar ULO 5G pada Agustus 2021 di Depok

Telset.id, Jakarta – XL Axiata akan melakukan ULO atau Uji Laik Operasi 5G pada awal Agustus 2021. Rencananya, ULO 5G XL Axiata akan menggunakan frekuensi 1.800 MHz.

Kepada Tim Telset pada Selasa (27/7/2021), Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi, menjelaskan bahwa ULO 5G XL Axiata akan dilaksanakan mulai dari tanggal 3 hingga 6 Agustus 2021 di Depok.

“Uji Laik Operasi (ULO) untuk perangkat 5G frekuensi 1.800 MHz yang akan digunakan oleh XL Axiata akan dilakukan pada 3-6 Agustus 2021, setelah sebelumnya dijadwalkan pada 2-4 Agustus,” ujar Dedy.

{Baca juga: XL Axiata Siap Layani Pelancong yang Mau “Work From Bali”}

Menurutnya, penyesuaian jadwal ini dilakukan seiring dengan perpanjangan PPKM Level 4 di kawasan Jabodetabek yang berlangsung hingga 2 Agustus mendatang.

“Adapun penyesuaian ini dilakukan seiring dengan perpanjangan PPKM Level 4 di kawasan Jabodetabek. Pengujian akan tetap dilaksanakan di Kota Depok sesuai dengan rencana awal,” tambah Dedy.

Sekedar informasi, bahwa ULO merupakan salah satu tahapan sebelum menggelar 5G. Nantinya setelah proses ULO dinyatakan berhasil oleh Kominfo, tahap berikutnya Kominfo akan menerbitkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) kepada operator.

Usai mendapatkan SKLO, operator pun diizinkan untuk menggelar layanan 5G secara komersil di Indonesia.

XL Axiata Bersiap Menuju ULO 5G

Di kesempatan lainnya, Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, menyatakan bahwa pihaknya masih menyesuaikan rencana ULO 5G dengan peraturan PPKM dari pemerintah.

“Terkait dengan rencana ULO 5G, dapat kami sampaikan bahwa kami memang terus bersiap untuk menuju ke sana, namun kami juga terus memperhatikan aturan terkait pemberlakuan PPKM terkini,” tuturnya.

{Baca juga: Jaringan XL Axiata “Manteng” Terus Sepanjang Pantura}

Namun berbeda dengan pernyataan Dedy Permadi, perempuan yang biasa disapa Ayu ini masih enggan menyampaikan detail kegiatan uji coba teknologi 5G.

“Sehingga untuk detail waktu maupun lokasi pastinya, hingga kini belum bisa kami sampaikan,” sambungnya.

Sebelumnya pada Juni 2021 lalu, XL Axiata memang sedang melakukan persiapan untuk melakukan uji laik operasi teknologi jaringan generasi kelima.

Menurut Head Strategic Operation and Automation XL Axiata, Ahmad Hamzah, XL Axiata sedang mempersiapkan uji laik operasi agar dapat menghadirkan jaringan generasi kelima di Tanah Air.

XL Axiata ULO 5G
XL Axiata

“Kalau mengenai jaringan 5G di kita (XL Axiata), tahun kemarin kita sudah testing dan tahun ini kita siap-siap ULO karena XL Axiata serius dalam hal ini,” kata Hamzah dalam konferensi pers pada Senin (28/6/2021).

Lebih lanjut, Hamzah menjelaskan bahwa XL menggunakan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS) untuk penerapan jaringan 5G. Teknologi DSS memungkinkan XL untuk menghadirkan koneksi super cepat dengan memakai spektrum yang dimiliki XL Axiata.

Melalui teknologi DSS juga, XL Axiata dapat memanfaatkan spektrum yang sama untuk menggelar jaringan 4G dan 5G.

{Baca juga: Susul Telkomsel dan Indosat, XL Siap Gelar ULO 5G}

“Kita gunakan teknologi 5G yang sekarang adalah yaitus Dynamic Spectrum Sharing (DSS), sehingga kita dapat memakai spektrum yang sekarang untuk berbagi dengan layanan 5G,” ungkap Hamzah.

Patut ditunggu bagaimana kelanjutan rencana ULO 5G. Semoga saja XL segera melakukan ULO 5G dan segera resmi menggelar 5G di Indonesia. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0