TELKO

XL Axiata Akuisisi Link Net, Bagaimana Nasib Pelanggan First Media?

Naufal Mamduh

Telset.id, Jakarta –  PT XL Axiata Tbk dan induk perusahaan Axiata Group Bhd, akan mengakuisisi saham PT Link Net Tbk. Rencananya kedua perusahaan tersebut akan mengakuisisi 66,03% saham Link Net.

Melalui keterangan resmi yang diterima pada Sabtu (31/7/2021), Group Head of Corporate Secretary XL Axiata, Ranty Astari Rachman menjelaskan XL dan Axiata Group telah menandatangani non-binding term sheet untuk mengambil alih 1,81 miliar saham atau 66,03% saham Link Net.

Kedua perusahaan akan mengambil 66,03% saham Link Net dari Asia Link Dewa Pte Ltd  dan PT First Media Tbk. Menurut Astari jika proses akuisisi saham selesai maka XL dan Axiata akan menjadi pemegang saham Link Net.

Baca juga: XL Axiata akan Gelar ULO 5G pada Agustus 2021 di Depok

“Apabila perjanjian jual beli (PJB) telah ditandatangani dan tunduk pada ketentuan final berdasarkan PJB dan pemenuhan atas syarat pendahuluan yang diatur dalam PJB, setelah selesainya akuisisi, XL atau XL dan Axiata akan menjadi pengendali baru Link Net,” ujarnya.

Ranty juga menyatakan bahwa tujuan XL dan Axiata akuisisi Link untuk pengembangan usaha dan jaringan. Selain itu XL dan Axiata juga ingin memperkuat posisi bisnis di bidang penyediaan jasa telekomunikasi.

Rencananya negosiasi akuisisi saham ini dilakukan secara langsung oleh pihak pembeli yakni XL dan Axiata, dengan pihak penjual yaitu Asia Link Dewa dan First Media.

Baca juga: XL Axiata Siap Layani Pelancong yang Mau “Work From Bali”

“Apabila rencana pengambilalihan telah selesai, XL dan Axiata akan menjadi pengendali baru Link Net dan akan melaksanakan penawaran tender wajib,” tutur Ranty.

Pelayanan First Media Tidak Berpengaruh

Logo First Media

Pengambilan saham First Media oleh XL Axiata, tidak akan berpengaruh pada pelayanan internet First Media. Menurut Corporate Secretary First Media, Harianda Noerlan layanan First Media tetap beroperasi dengan baik, ketika saham diakuisisi.

“Akuisisi tersebut tidak akan berdampak negatif terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perseroan,” kata Harianda melalui keterangan resmi pada Sabtu (31/7/2021).

Baca juga: First Media Gelar Turnamen eSport, Total Hadiah Rp 420 Juta

Sayangnya tidak diketahui mengenai berapa jumlah uang yang dikeluarkan oleh XL dan Axiata dalam proses akusisi ini. Semoga saja proses akuisisi berjalan lancar dan XL bisa meningkatkan layanan mereka di Indonesia. [NM/HBS]

Leave a Comment