telset
spot_img

Trafik Naik 38%, Video Call Favorit Pelanggan XL Selama Nataru 2022

Telset.id, Jakarta – Trafik layanan internet XL Axiata mengalami peningkatan di momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Salah satu penyebabnya adalah gemarnya pelanggan melakukan video call di momen tersebut.

Melalui keterangan resmi yang diterima pada Kamis (6/1/2022), XL melaporkan kalau di momen Nataru 2022, terjadi kenaikan trafik data hingga 38%, dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Baca juga: Cara XL Axiata Antisipasi Lonjakan Trafik Internet di Nataru 2021

Menurut Direktur and Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa pihak XL sudah memprediksi peningkatan trafik yang terjadi sehingga jaringan tetap beroperasi normal di momen Nataru 2022.

“Jauh-jauh hari XL Axiata menyiapkan jaringan untuk melayani pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2022. Sejak awal kami memprediksi kemungkinan akan ada kenaikan trafik data, meskipun belum seperti saat sebelum pandemi,” ujar I Gede.

Trafik Video Call Pelanggan XL Axiata 

Trafik XL Axiata Natal Tahun Baru 2022

Peningkatan trafik internet selama periode Natal dan Tahun Baru 2022, dikarenakan terjadi peningkatan trafik di beberapa layanan. Salah satunya layanan aktivitas video call dan video conference.

Berdasarkan aplikasi yang digunakan, banyak pelanggan yang memilih Facebook untuk video call sehingga trafik video call di Facebook mengalami kenaikan 27%. Bukan cuma Facebook, trafik Telegram, Line dan WhatsApp turut terjadi eskalasi sebesar 22%, 10%, dan 10%.

Selain aktivitas video call, trafik pengguna mengakses media sosial juga tinggi seperti di Instagram sebesar 33%, WhatsApp 33%, Twitter 19% serta Facebook 18%.

Selanjutnya untuk trafik mengakses streaming musik, layanan seperti JOOX dan iTunes meningkat 24% dan 11%. Untuk game, trafik game Mobile Legends meningkat 210% diikuti oleh Roblox 90%, serta Hago 11%.

Baca juga: XL Axiata Catatkan Kinerja Positif di Kuartal Ketiga 2021

Tak hanya itu, momen Nataru 2022, juga dijadikan ajang berbelanja bagi para pelanggan XL sehingga trafik internet untuk aplikasi Lazada, Shopee dan Tokopedia meningkat sebesar 62%. Begitu pun dengan trafik aplikasi traveling seperti Traveloka, Agoda dan Tiket.com yang bertambah 95%.

Data XL Axiata juga memperlihatkan penambahan trafik sebesar 2% di kawasan pemukiman, walaupun tidak ada pembatasan perjalanan masyarakat di momen Nataru 2022.

Beberapa kawasan pemukiman yang trafiknya menanjak berada di Jakarta, Tegal, Depok, Solo, Kediri, Bekasi, Batam, Jambi dan Palembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0