telset

Pengguna XL Doyan Streaming Film dan Game Selama Libur Lebaran

Telset.id, Jakarta – Selain bersilaturahmi secara virtual, pelanggan XL Axiata memanfaatkan momen lebaran 2021 untuk mengakses konten streaming film dan game. Konten jenis ini sering diakses pengguna yang “mencari hiburan” selama di rumah saja.

Dalam keterangan resmi, XL Axiata mencatat adanya kenaikan trafik layanan data sebesar 35% dibandingkan periode lebaran tahun sebelumnya dan 15% dibandingkan hari-hari biasa sebelum Ramadan.

Menurut Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, kenaikan trafik ini dipengaruhi kebijakan pemerintah yang melarang masyarakat Indonesia untuk mudik ke kampung halaman.

{Baca juga: Jaringan XL Axiata “Manteng” Terus Sepanjang Pantura}

“Pola konsumsi masyarakat atas layanan telekomunikasi dan data selama periode liburan Idul Fitri tahun ini kembali dipengaruhi oleh adanya larangan mudik dan berbagai pembatasan mobilitas di tingkat lokal,” ujar I Gede.

“Euforia masyarakat dalam merayakan lebaran dengan melakukan perjalanan wisata juga tidak terlalu besar. Hal ini sangat berpengaruh pada tingkat kenaikan trafik yang masih tidak setinggi saat masa sebelum pandemi,” tuturnya.

Gede menambahkan, selama periode Ramadan dan lebaran, pengguna banyak  menggunakan layanan data XL Axiata untuk aktivitas streaming game, video, dan audio. Oleh karenanya, 85% trafik layanan operator ini adalah aktivitas streaming.

Secara spesifik, sejumlah aplikasi streaming yang mengalami kenaikan trafik adalah aplikasi game mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 142%, Netflix naik 50%, YouTube naik 13%, dan Spotify naik 9%.

Selain streaming, peningkatan trafik layanan juga terjadi di aplikasi e-commerce yang trafik pemakaiannya meningkat hingga 65%. Di samping itu, WhatsApp dan Twitter juga  mengalami peningkatan trafik pemakaian sebesar 21% dan 16%.

Untuk layanan video conference Zoom, meskipun sepertinya juga mulai dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bersilaturahmi, namun karena ada libur sekolah dan cuti karyawan maka trafik pemakaiannya relatif stagnan dan cenderung menurun.

{Baca juga: RUPS Tahunan, XL Axiata Bagikan Dividen Rp 339,4 Miliar}

Lalu untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze juga tidak terlalu banyak diakses karena adanya kebijakan larangan mudik.

Kenaikan Trafik XL Axiata Secara Nasional 

Dilihat dari wilayah, kenaikan trafik layanan XL Axiata secara nasional selama Ramadan dan lebaran 2021 dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 12%, Jawa Timur 10%, dan Jawa Barat 7%.

Di luar Jawa, trafik pemakaian layanan di wilayah Sumatera Utara secara rata-rata naik sebesar 5%, Sumatera Selatan 8%, Kalimantan 3%, Sulawesi 10%, serta Bali-Lombok-Sumbawa 2%.

Sementara itu dilihat dari area kota atau kabupaten, secara nasional ada 3 kota atau kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Sampang yang meningkat sebesar 44%, Bangkalan 40%, dan Brebes 28%.

Trafik XL Axiata Lebaran 2021
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa

Untuk trafik layanan XL Axiata di Jabodetabek, berpusat di area pemukiman atau perumahan. I Gede menyatakan bahwa area perumahan di DKI Jakarta dan Bogor mengalami peningkatan trafik hingga 25%.

{Baca juga: XL Axiata dan UI Resmikan Sentra Vaksinasi Covid-19 di Depok}

“Kenaikan trafik kembali terjadi di area pemukiman/perumahan.Kenaikan trafik tertinggi terjadi di perumahan-perumahan di wilayah Jakarta Barat yang mencapai 25%, Jakarta Utara sebesar 22% serta Bogor sebesar 16%,” tuturnya.

Trafik XL Home Meningkat 

Data menarik seputar trafik layanan Ramadan dan lebaran juga terjadi pada layanan XL Home. Layanan internet rumahan ini mengalami kenaikan sebesar lebih dari 20% dibandingkan hari biasa atau sebesar 121% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Menurut I Gede, kenaikan ini terjadi karena peningkatan jumlah pelanggan dan banyak pelanggan yang menghabiskan waktu di rumah. Karena itu, akses ke WiFi yang berbasis layanan tetap internet menjadi meningkat.

Trafik XL Axiata Lebaran 2021
Trafik XL Axiata di lebaran 2021

“Kenaikan trafik ini tidak terlepas dari terus meningkatnya jumlah pelanggan dalam periode setahun terakhir sebesar 100%. Saat ini jumlah pelanggan XL Home mencapai lebih dari 100 ribu dengan cakupan lebih dari 540 ribu home-passed,” kata I Gede

{Baca juga: Karyawan XL Axiata Ikuti Donor Plasma Konvalesen}

“Kenaikan trafik pemakaian sudah mulai terlihat sejak memasuki Ramadan dan menjelang Idul Fitri. Akses ke layanan internet meningkat rata-rata sebesar 20%,” tutupnya. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0