Pelanggan XL Doyan Buka WhatsApp dkk Selama Lebaran 2023

Telset.id, Jakarta – Sepanjang masa libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023 antara 19 April sampai dengan 27 April 2023, pelanggan XL Axiata ternyata suka buka aplikasi WhatsApp, Instagram dan Facebook sehingga trafik beberapa aplikasi tersebut cenderung tinggi.

Data dari Customer Experience & Service Operation Center XL Axiata, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar lebih dari 37% dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya, dan 17% dibandingkan hari-hari biasa sebelum Ramadan.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dan berlibur, seperti tahun-tahun sebelumya sebelum pandemi Covid-19.

“Kami di XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur lebaran yang penuh kegembiraan ini, dan pada masa liburan kali ini terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan,” kata Gede.

BACA JUGA:

Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Selama periode libur Lebaran 2023 trafik layanan XL Axiata didominasi oleh jenis aplikasi File Access seperti Whatsapp, Facebook, Instagram yang mencapai 36%, aplikasi Instan Messaging 33%, Games 11% dan Streaming yang mencapai 10%, serta layanan lainnya mencapai 9%.

Peningkatan trafik juga terjadi di masing-masing aplikasi. Misalnya WhatsApp meningkat 43%. Lalu Instagram 55%, Twitter 15% dan Facebook 4%. Sementara Netflix mencapai 36%, Disney Hotstar 22%, TikTok 12% dan YouTube naik 5%.

“Akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan,” jelas Gede melalui keterangan resmi yang diterima pada Selasa (02/05/2023).

Adapun aplikasi navigasi macam Apple Map, Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan sehingga trafiknya naik 9% sampai 75% dibanding hari normal.

Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan selama libur Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 27%, Jawa Barat 19%, dan Jawa Timur 17%.

Di luar Jawa, trafik pemakaian layanan di wilayah Sumatera Utara secara rata-rata naik sebesar 12%, Sumatera Selatan 15%, Kalimantan 10%, Sulawesi 6%, Bali-NTB-NTT 10%.

Sedangkan kalau dilihat dari area kota atau kabupaten, secara nasional adan 3 kota atau kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi yakni Kabupaten Kebumen Jawa Tengah naik sebesar 62%, Kabupaten Pandeglang Jawa Barat 49%, dan Kabupaten Pemalang Jawa Tengah 48%.

BACA JUGA:

“Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan selama libur lebaran terlihat turun sebesar 6% dibanding hari biasa. Data-data trafik di Jabodetabek tersebut juga sesuai dengan data perpindahan pelanggan selama periode libur Lebaran. Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke propinsi lain, yaitu sekitar 35%,” ujar Gede.

Guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan selama masa libur Lebaran tahun ini, XL Axiata sebelumnya juga telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali lebih besar dibandingkan hari normal.

Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin. XL Axiata mengerahkan 160 unit mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI