Banyak yang Nonton YouTube Saat Lebaran, Trafik Data Telkomsel Naik 49%

Telset.id, Jakarta – Selama momen Ramadan dan Idul Fitri 2021, Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 39,7 Petabyte (PB), atau tumbuh 49% dibanding momen yang sama tahun lalu. Kenaikan ini didorong banyak pelanggan yang mengakses layanan digital, seperti YouTube, Facebook, dll.

“Keluarga besar Telkomsel mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 H kepada seluruh umat muslim di Indonesia,” kata Direktur Network Telkomsel Nugroho dalam keterangan pers, Sabtu (15/5/2021).

Dipaparkan Nugroho, berdasarkan pantauan Telkomsel, untuk trafik layanan data pada periode Lebaran 2021 tercatat lonjakan sekira 39% dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya.

Detail Kenaikan Trafik Data Telkomsel Saat Lebaran 2021

Kenaikan itu didorong semakin tingginya adopsi pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital sebagai sarana silaturahmi virtual, sesuai imbauan pemerintah untuk menekan penyebaran virus COVID-19 dengan tidak melakukan aktivitas mudik.

{Baca juga: Telkomsel Rilis Serial Keluarga “Sajadah Panjang” di MAXstream}

Di sisi lain, untuk layanan SMS di momen Ramadan dan Idulfitri 2021 mengalami peningkatan sebesar 33% dibandingkan periode tahun sebelumnya. Sedangkan untuk layanan panggilan suara, tercatat peningkatan trafik layanan suara sebesar 4% dibandingkan hari biasa.

Layanan Trafik Selama Momen Ramadan dan Idulfitri 2021 Perbandingan dengan Hari Biasa 2021 Perbandingan dengan Periode yang Sama di Ramadan dan Idulfitri 2020
Data 39,7 Peta Byte Naik 10% Naik 49%
SMS 669 Juta SMS Naik 23% Naik 33%
Suara 915 Juta Menit Naik 4% Turun 14%

Nugroho lebih lanjut menambahkan, Telkomsel juga mencatat sejumlah platform digital dan virtual yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data.

Untuk layanan digital dari Telkomsel, tercatat terjadi lonjakan trafik penggunaan untuk layanan VoLTE Telkomsel sebesar 12%, layanan marketplace video on demand MAXStream Telkomsel sebesar 410%, dan layanan video conference on demand CloudX Telkomsel sekira 68% dibandingkan hari biasa.

Secara umum masyarakat selama di Ramadan dan Idulfitri 1442 H ini juga masih banyak menghabiskan aktivitasnya dengan memanfaatkan sejumlah platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar daring.

Platform Proporsi dari Akses Keseluruhan Layanan Data Perbandingan dengan Hari Biasa 2021
Video Streaming 37% Naik 22%
Communication 16% Naik 14%
Social Media 29% Naik 7%
Mobile Gaming 4% Naik 81%
Browsing 1% Naik 36%
Aplikasi / Situs Media 1% Naik 11%

Seperti melalui layanan video communication dan video streaming yang secara total mampu berkontribusi dalam penggunaan data lebih dari 53%, atau masing-masing tumbuh sekira 14% dan 22%, dibandingkan dengan hari biasa.

{Baca juga: Telkomsel dan GoPay Berikan Paket PUBG Mobile Bonus Kuota 1GB}

Untuk trafik aktivitas digital lain dari masyarakat seperti penggunaan layanan mobile gaming, browsing dan social media oleh pelanggan Telkomsel juga tercatat tumbuh masing-masing sekira 81%, 36% dan 7% selama Ramadan dan Idul Fitri 2021, dibandingkan dengan hari biasa.

Aplikasi Proporsi dari Akses Keseluruhan Apikasi Perbandingan dengan Hari Biasa 2021
Youtube 23% Naik 24%
Facebook 16% Naik 11%
Whatsapp 14% Naik 25%
Instagram 12% Naik 3%
Tiktok 11% Naik 26%
Mobile Legends 3% Naik 167%

Selain itu Telkomsel juga mencatat enam aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Tiktok dan Mobile Legends.

Sepanjang momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, secara berurut untuk lima wilayah operasional Telkomsel yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan momen tahun sebelumnya.

Lonjakan trafik didominasi di wilayah Sumatra Utara, Tengah maupun Selatan (13%), Jawa Timur (12%) dan Jawa Tengah (11%), dibandingkan dengan hari biasa.

Wilayah Operasional Perbandingan dengan Hari Biasa 2021
Sumatera bagian Tengah Naik 13%
Sumatera bagian Utara Naik 13%
Sumatera bagian Selatan Naik 13%
Jawa Timur Naik 12%
Jawa Tengah Naik 11%

Seperti diketahui, tahun ini Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan pengamanan operasional jaringan di 554 point of Interest (POI) yang secara khusus difokuskan di wilayah residensial, rumah ibadah, rumah sakit penanganan COVID-19, titik transit transportasi.

{Baca juga: Ada Larangan Mudik, Telkomsel Antisipasi Lonjakan Trafik Internet}

Seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, dan jalur penyaluran logistik, serta area spesial lainnya seperti pusat pelayanan publik. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI