telset

Telset Editor’s Choice 2020: Best Internet Service Provider

Telset – Internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat. Kualitas jaringan dan layanan pelanggan menjadi fokus penilaian untuk bisa terpilih sebagai Best Internet Service Provider dalam Telset Editor’s Choice 2020.

Di tengah persaingan merebut pasar, para penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP) saling bersaing untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan.

ISP adalah perusahaan yang menyediakan layanan internet kepada pelanggan. Biasanya perusahaan menggunakan jalur transmisi jaringan melalui kabel, modem, sinyal radio dan lainnya untuk disalurkan ke wilayah pemukiman atau perkantoran.

Selain memberikan akses internet, penyedia ISP juga menawarkan layanan TV Kabel yang memungkinkan pelanggan untuk menyaksikan siaran unggulan dari berbagai stasiun televisi di dunia.

Sepanjang tahun 2020, khususnya selama pandemi Covid-19, layanan ISP semakin dibutuhkan untuk membantu masyarakat dalam bekerja dan belajar dari rumah.

Pada Telset Editor’s Choice 2020 kali ini, kami telah memasukan empat kandidat yang akan bersaing memperebutkan Best Internet Service Provider. Berikut nominasinya:

  • IndiHome (PT Telekomunikasi Indonesia)
  • First Media (PT Link Net)
  • MyRepublic (MyRepublic Limited)
  • Biznet (Biznet Networks)

Setelah melakukan penilaian dengan parameter yang sudah ditentukan, tim redaksi Telset akhirnya sepakat memilih First Media sebagai Best Internet Service Provider versi Telset Editor’s Choice 2020.

Sebagai catatan, penilaian dilakukan berdasarkan hasil uji jaringan dan juga melihat kesiapan infrastruktur jaringan, kinerja perusahaan, serta inovasi layanan dan pengembangan produk (value added service).

Kenapa Kami Memilih First Media?

Link Net First Media
Ilustrasi First Media

First Media menjadi pemenang karena memiliki keunggulan mulai dari infrastruktur jaringan hingga inovasi layanan dan pengembangan produk. Untuk infrastruktur jaringan, First Media sudah bisa diakses di banyak wilayah di Indonesia.

First Media bisa diakses di Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Tangerang, Tangerang Selatan, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Cirebon.

{Baca juga: Internet IndiHome dan First Media Jadi Favorit Pengguna}

First Media juga hadir di Purwakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Kediri, Malang, Gresik, Sidoarjo, Bali, Medan dan Batam. Di kota-kota tersebut First Media menawarkan layanan internet dengan kecepatan hingga 300 Mbps.

Selain itu, pengguna rata-rata bisa menikmati kecepatan internet sekitar 10 Mbps sampai 20 Mbps untuk menunjang kegiatan mereka sehari-hari. Sementara biaya pengeluaran internet rumah rata-rata Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu per bulan.

Hal ini yang membuat First Media menjadi salah layanan internet rumahan favorit berdasarkan riset dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengenai perilaku pengguna internet terutama efek pandemi Covid-19.

Lalu dari segi kinerja perusahaan juga cukup baik. Pada kuartal ketiga 2020, Linknet mengalami kenaikan pendapatan sebesar 6,76% dari sebelumnya Rp 2,76 trilun menjadi Rp 2,95 triliun.

Pendapatan tersebut diperoleh berdasarkan biaya berlangganan TV kabel sebesar Rp 1,20 triliun, pendapatan lain-lain sebesar Rp 144 miliar dan biaya berlangganan broadband internet dan jaringan sebesar Rp 1,60 triliun.

Kemudian First Media juga fokus dalam inovasi layanan dan pengembangan produk.  Seperti diketahui untuk inovasi layanan, First Media tidak hanya memberikan internet rumahan saja tetapi juga layanan TV kabel dengan lebih dari 100 channel.

Selain itu, First Media juga bekerja sama dengan banyak pihak untuk meningkatkan kualitas layanan seperti VIU dan Catchplay, HBO Go dan THEMA Asia-Pacific yang merupakan anak perusahaan dari Group Canal+ dan Stingray Group.

{Baca juga: First Media Tambah Empat Channel TV 4K Stingray}

Penilaian ini bersifat independen dan subyektif dari tim redaksi Telset berdasarkan beberapa kriteria dan parameter yang sudah ditentukan untuk menjadi acuan penilaian.

Selamat untuk First Media yang terpolih menjadi Best Internet Service Provider versi Telset Editor’s Choice 2020. Selamat First Media! [Tim Redaksi]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0