Kawasan Industri Jababeka akan Diselimuti Jaringan 5G Telkomsel

Telset.id, Jakarta – Telkom Indonesia, Telkomsel dan Jababeka Infrastruktur berkolaborasi menggelar jaringan 5G di kawasan Jababeka, Cikarang Jawa Barat. Tujuannya untuk mendukung digitalisasi industri di kawasan tersebut.

Vice President Area Account Management Yogi R. Bahar mengatakan kalau pengembangan jaringan 5G di kawasan industri penting dilakukan karena 5G dapat mendukung digitalisasi industri seperti penerapan teknologi Internet of Things (IoT).

“Hal ini mengingat tingginya kebutuhan sektor industri terhadap penerapan teknologi IoT. Jababeka sendiri merupakan kawasan industri besar dengan lebih dari 2000 perusahaan nasional maupun multinasional yang beroperasi di sana,” kata Yogi.

Dengan menghadirkan jaringan 5G di Kawasan Jababeka, Telkomsel berupaya membuka peluang lebih luas kepada segmen enterprise untuk dapat memanfaatkan solusi digital berbasis IoT yang didukung koneksi berbasis 5G.

Baca juga: Layanan Telkomsel 5G Serentak Hadir di Lima Kota Tambahan

Di tahap awal Telkomsel akan melakukan trial use case 5G meliputi solusi Fixed Wireless Access atau Fixed Wireless Office untuk kebutuhan personal maupun enterprise, serta Smart Surveillance dengan teknologi Camera Vision.

Yogi menambahkan kalau implementasi teknologi berbasis 5G tersebut merupakan upaya Telkomsel dalam mendukung road map Kawasan Jababeka menuju Jababeka Digitalized Township Ecosystem.

“Telkomsel siap menyokong digitalisasi tenant-tenant di kawasan Jababeka sebagai upaya transformasi melalui pembangunan infrastruktur serta dukungan kapabilitas teknologi dan ekosistem digital Telkomsel,” tuturnya.

Sejalan dengan itu Telkom juga siap mendukung pengembangan teknologi 5G di Jababeka, dan berharap kalau teknologi terbaru itu dapat mendukung digitalisasi di Jababeka.

“Kami berkomitmen untuk mendukung upaya percepatan pengelolaan digitalisasi kawasan Jababeka menuju Jababeka Digitalized Township Ecosystem,” ungkap Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom Teuku Muda Nanta.

Menanggapi hal itu, Direktur Utama Jababeka Infrastruktur Tjahjadi Rahardja menyambut positif kolaborasi ini, karena pelaku industri di Jababeka bisa memanfaatkan 5G untuk meningkatkan produktivitas.

“Dengan kerja sama ini, diharapkan tenant kawasan Jababeka dan warga kawasan bisa mengenal 5G dan manfaatnya jika 5G diterapkan. Sehingga misi Jababeka untuk membantu semua tenant mencapai industri 4.0 bisa cepat terwujud,” terang Tjahjadi.

Baca juga: Warga Papua Bisa Coba Jaringan 5G Telkomsel di Venue PON XX

Kesepakatan kolaborasi antara Telkom, Telkomsel dan Jababeka Infrastruktur ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang dilakukan pada Kamis kemarin. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI