Telkomsel Gandeng Ericsson untuk Perkuat Jaringan 5G Indonesia

Telset.id, Jakarta – Telkomsel menggandeng Ericsson untuk mengembangkan dan memperkuat jaringan 4G/5G mereka di Indonesia, dengan menggunakan berbagai solusi teknologi yang dimiliki Ericsson.

Seperti diketahui kalau Ericsson telah menyediakan konektivitas, menerapkan produk dan solusi Jaringan Akses Radio (RAN) 5G yang hemat daya dari Ericsson Radio System di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Tengah dan Barat, serta bagian timur Kalimantan termasuk Ibu Kota Negara (Nusantara) sejak tahun 2021.

Kemudian untuk segmen Business-to-Business (B2B), konektivitas 5G untuk industri telah diimplementasikan di salah satu perusahaan manufaktur terkemuka di Batam sejak tahun 2021.

Namun hal tersebut belum cukup. Rencananya Ericsson memperkuat jaringan Telkomsel dengan radio Massive MIMO AIR3219 ultra-lightweight yang hemat energi, yang akan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan 5G dan Fixed Wireless Access & Convergence (FWA/FMC) di masa depan.

“Ini merupakan upaya Telkomsel mewujudkan pengembangan layanan bagi segmen B2B maupun B2C, terutama untuk penguatan inisiatif Industri 4.0, penguatan smart city, serta membawa manfaat yang lebih besar  bagi konsumen dan lintas sektor industri  di Indonesia,” kata Direktur Network Telkomsel Nugroho.

BACA JUGA:

Di sisi lain, Presiden Ericsson Indonesia Jerry Soper sangat senang dapat memperbaharui dan memperkuat kemitraannya dengan Telkomsel, dalam jejak radio footprint yang sudah ada di Indonesia.

Dirinya Jerry Soper mengklaim kalau radio Massive MIMO AIR3219 ultra-lightweight dapat membantu Telkomsel mengurangi konsumsi energi dan secara signifikan menurunkan biaya energi serta total biaya kepemilikan mereka di masa mendatang.

“Produk dan solusi jaringan 5G Ericsson juga akan memungkinkan Telkomsel untuk menerapkan kasus-kasus penggunaan baru yang inovatif bersama dengan pelanggan yang berbasis perusahaan dan industri,” tambah Jerry.

BACA JUGA:

Pengumuman terkait penguatan kemitraan Telkomsel dan Ericsson dilakukan kedua belah pihak dalam acara Ericsson Imagine Live di Jakarta pada Selasa (08/08/2023), kemarin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI