Strategi XL Axiata Hadapi Ramadan dan Lebaran 2023

Telset.id, Jakarta – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah mengungkapkan strateginya menghadapi Ramadan dan Lebaran 2023. Salah satunya dengan melakukan penguatan jaringan guna memberikan pelayanan maksimal untuk pelanggan. 

Penguatan jaringan telekomunikasi XL Axiata dilakukan sebagai antisipasi kemungkinan lonjakan trafik penggunaan data di Ramadan dan libur Lebaran 2023. XL Axiata juga telah melakukan uji jaringan yang berlangsung di jalur utama pulang kampung yang berada di berbagai daerah, termasuk di kawasan Sumatera.

“XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan untuk keperluan Ramadan, maupun libur panjang Lebaran,” kata Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa. 

Melalui keterangan resmi yang diterima pada Selasa (14/03/2023), tindakan tersebut dilakukan karena pada kedua momen tersebut, akan terjadi peningkatan trafik yang cukup signifikan khususnya ketika momen mudik Lebaran 2023. 

BACA JUGA:

“Biasanya di kedua moment tersebut trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data meningkat cukup signifikan. Kami memprediksi, sepanjang Ramadan hingga Lebaran nanti, trafik layanan XL Axiata akan meningkat hingga 30% dibandingkan hari biasa,” sambung I Gede. 

Kenaikan trafik di setiap Ramadan dan Lebaran ini bisa terjadi karena tidak terlepas dari perubahan perilaku pelanggan. Sebab, masyarakat Indonesia juga semakin banyak melakukan pertemuan-pertemuan tatap muka secara daring. Oleh karenanya XL Axiata melakukan penguatan jaringan hingga 3 kali lipat.

“Saat ini, di hari normal biasa, jaringan data XL Axiata sudah cukup untuk melayani lalu lintas trafik yang ada. Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan kami menampung lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan hingga 3 kali lipat dari hari normal,” imbuh Gede.

Bukan cuma meningkatkan kapasitas, strategi XL Axiata lainnya berupa optimalisasi jaringan di jalur mudik lebaran. Sejumlah daerah yang biasanya menjadi tujuan mudik, khususnya di Pulau Jawa dan Sumatera akan menjadi perhatian khusus perusahaan.

Khusus di Sumatera, XL Axiata memiliki sekitar 140 BTS 4G di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera Palembang – Lampung. Namun XL akan  melakukan penambahan BTS di sejumlah ruas Jalan Tol Tran Sumatera lainnya.

BACA JUGA:

Misalnya 7 BTS 4G di ruas Belawan – Medan – Kuala Namu International Airport – Tebing – Indrapura, 3 BTS 4G di ruas Bengkulu – Taba Penanjung, 8 BTS 4G di Pancing (Medan) – Helvetia – Binjai – Stabat, 17 BTS 4G di Pekanbaru – Dumai, dan 2 BTS 4G di ruas Sigli – Banda Aceh.

Tidak ketinggalan XL Axiata juga akan menghadirkan aneka promo Ramadan dan Lebaran, bagi pelanggan prabayar dan pascabayar. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI