SpaceX Luncurkan Starlink Mini, Ukuran Lebih Ringkas

Telset.id, Jakarta – SpaceX kini menawarkan kit baru bernama Starlink Mini yang berukuran kecil. Perangkat ini memungkinkan pengguna membawa dan mengakses layanan internet satelit Starlink ke mana pun mereka pergi.

Starlink Mini dijual seharga $599 atau Rp9,8 jutaan, meskipun ini lebih mahal sekitar $100 atau Rp1,6 jutaan dibandingkan paket antena standar, seperti yang dilansir Telset dari Engadget pada Minggu (23/06/2024).

Walau begitu, pengguna harus membayar paket layanan standar dan dapat menggunakan layanan Mini Roam dengan biaya tambahan $30 atau Rp493 ribu per bulannya. Dengan demikian, pelanggan perumahan Starlink standar yang juga menggunakan paket baru ini harus membayar total $150 atau Rp2,4 jutaan setiap bulan seperti yang dilaporkan TechCrunch.

BACA JUGA:

Namun, harga perangkat yang lebih kecil ini mungkin tidak akan selalu mahal. SpaceX menyatakan dalam pesannyq bahwa mereka berupaya membuat Starlink lebih terjangkau secara keseluruhan dan saat ini hanya menawarkan kit Mini dalam jumlah terbatas di wilayah dengan penggunaan tinggi.

Beberapa hari lalu, CEO SpaceX, Elon Musk, berbicara tentang Starlink Mini di X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter), mengklaimnnya sebagai pilihan berbiaya rendah yang bagus dan mengatakan bahwa biayanya sekitar setengah harga dari paket internet standar dan langganan bulanan.

 

Antena Starlink Mini sendiiri dilengkapi dengan router Wi-Fi internal, sehingga tidak hanya lebih kecil dari versi standar, tetapi juga memerlukan lebih sedikit komponen untuk mengakses internet.

Selain itu, Starlink Mini mengkonsumsi lebih sedikit daya, memiliki input daya DC, dan mampu mencapai kecepatan unduh lebih dari 100 Mbps. Kit ini juga dilengkapi dengan penyangga, adaptor pipa, catu daya, dan kabel dengan konektor USB-C di satu ujung dan jack barel di ujung lainnya.

Saat ini, produk terbaru ini hanya diluncurkan di area tertentu dengan penggunaan tinggi. Namun, Michael Nicolls, VP Starlink Engineering, menyatakan di X bahwa perusahaan sedang meningkatkan produksi produk inidan akan segera tersedia di pasar internasional.

BACA JUGA: 

Di Indonesia sendiri hingga artikel ini ditulis paket Starlink Mini masih belum tersedia di situs resminya. Ada kemungkinan paket internet ini akan segera meluncur di tanah air dalam beberapa waktu ke depan. [FY/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI