Jaringan Starlink Ngelag Saat Diresmikan Elon Musk di Bali

Telset.id, Jakarta – Elon Musk telah resmi meluncurkan layanan Starlink di Indonesia. Sayangnya dalam acara peluncuran di Bali, koneksi internet ini mengalami lag atau tersendat.

Sebenarnya, jaringan internet Starlink yang terhubung ke satelit ini sudah tersedia sejak beberapa waktu lalu dan beberapa masyarakat Indonesia sudah membeli jaringan internet milik Elon Musk ini.

Tetapi, Starlink baru saja diluncurkan oleh Elon Musk sebagai CEO SpaceX pada Minggu (19/5/2024) di Bali.  Dalam acara peluncurannya ini juga dilakukan uji coba perdana jaringan.

BACA JUGA:

Sekedar informasi, dalam acara ini turut hadir beberapa menteri kabinet Indonesia maju, yaitu Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, dan Menteri Kelautan dan Perikanan (MenKP) Sakti Wahyu Trenggono.

Lalu, dalam acara peluncurannya ini koneksi internet mengalami lag atau macet, meskipun koneksi ini bersumber dari orbit rendah bumi, atau satelit yang rendah, sebagaimana dilansir Telset dari Detik.

Momen internet yang nge-lag ini terjadi ketika petugas kesehatan dari Puskesmas Bumbung Nusa Penida, Klungkung, Bali, sedang memberi penjelasan secara online.

Di saat itu, Musk terlihat memperhatikan hal tersebut dan tersenyum kecil dan kedua tangannya memegang erat lutut. Selain itu, dia juga mengangguk-angguk. Setelah mengalami tiga kali tersendat, akhirnya internet kembali lancar dan petugas Puskesmas melanjutkan penjelasannya,

Saat itu, Elon Musk tidak memberikan alasan mengapa koneksi internet Starlink mengalami lag selama uji coba. Tetapi, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memberikan sedikit penjelasan akan hal tersebut.

“Enggak, ya biasa saja. Namanya juga teknologi kan begitu,” kata Budi Arie.

Selain itu, Budi juga menegaskan bahwa kehadiran jaringan Starlink di Indonesia diharapkan bisa membantu di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), terutama untuk Puskesmas dan Pendidikan.

BACA JUGA:

“Nanti jaringan Starlink kita arahkan ke daerah-daerah 3T yang belum ada akses internet. Jadi jaringan ini bisa sangat masyarakat, terutama untuk puskesmas, pendidikan,” ujarnya. [FY/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI