Pabrik Pintar Schneider Electric Gunakan Teknologi 5G Telkomsel

Telset.id, Jakarta – Telkomsel menandatangani nota kesepahaman dengan Schneider Electric. Melalui kerja sama ini, Telkomsel akan menyediakan solusi berbasis teknologi 5G untuk mengakselerasi transformasi digital pabrik pintar Schneider Electric di Batam.

Kerjasama ini terkait pelaksanaan 5G trial joint collaboration yang dilaksanakan berbarengan dengan peluncuran layanan 5G di Kota Batam pada 7 Juni 2021 lalu.

{Baca juga: Telkomsel Gelar Layanan 5G, Begini Harapan Telkom Indonesia}

Disebutkan bahwa kerja sama dengan Schneider Electric ini untuk memperkuat kemitraan strategis dalam mempercepat transformasi digital (DX) Indonesia dan Industri 4.0.

“Kerjasama ini merupakan pemanfaatan layanan teknologi 5G pertama untuk dunia industri di Indonesia,” kata Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel, Dharma Simorangkir dalam keterangan pers, Rabu (16/6/2021).

Dharma menambahkan, Telkomsel akan terus membuka ruang kolaborasi yang sebesar-besarnya bagi para pelaku industri lainnya yang ingin memanfaatkan solusi berbasis teknologi 5G untuk mengakselerasi transformasi digital perusahaan.

Sementara itu, Plant Director Plant Electronic Schneider Electric Manufacturing Batam, Kodrat Sutarhadiyanto mengatakan, kerjasama ini akan mendukung upaya Schneider Electric untuk menjadi yang terdepan di Industri 4.0 di Indonesia.

“Kami memastikan pabrik kami di Batam dilengkapi dengan teknologi IoT terbaru yang didukung dengan solusi EcoStruxure untuk operasional pabrik yang efisien, hemat energi dan berkelanjutan dalam jangka panjang,” ujar Kodrat.

{Baca juga: Layanan Telkomsel 5G Serentak Hadir di Lima Kota Tambahan}

Untuk itu, lanjutnya, Schneider Electric memilih Telkomsel sebagai partner yang terpercaya dalam mendukung upaya tersebut yang menyediakan solusi berbasis teknologi 5G untuk mengakselerasi transformasi digital pabrik pintar di Batam.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman ini, Telkomsel – Schneider Electric akan menjalankan beberapa program pemanfaatan 5G di industri.

Pertama, menghadirkan fitur live streaming virtual tour pabrik pintar Schneider Electric di Batam sehingga para mitra global dapat mengunjungi pabrik pintar dari berbagai belahan dunia.

Kedua, menghadirkan teknologi EcoStruxure Augmented Operator Advisor berupa penerapan augmented reality menggunakan device (tablet) yang terhubung dengan jaringan 5G untuk membantu teknisi dalam aktivitas pemeliharaan jarak jauh.

{Baca juga: Daftar Smartphone 5G yang Sudah Dukung Layanan 5G Telkomsel}

Ketiga, pengaplikasian sistem  EcoStruxure Machine Advisor yang menghubungkan IoT connected product (sensors & drives) dengan online dashboard monitoring machine fleet management, sehingga proses produksi dapat dimonitor secara real-time melalui dashboard yang tersedia. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI