Kolaborasi dengan Kartu Prakerja, Alibaba Cloud Gelar Pelatihan AI

Telset.id, Jakarta – Talenta yang terampil menjadi aspek penting dalam upaya mendorong adopsi teknologi AI di Indonesia. Menuadari hal ini, Alibaba Cloud pun bermitra dengan Kartu Prakerja.

Untuk diketahui, Kartu Prakerja merupakan sebuah inisiatif di bawah Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian, untuk meluncurkan program pelatihan talenta digital yang komprehensif.

Ini merupakan upaya program yang diadalkan Pemerintah Indonesia melalui Kemenko untuk membuat masyarakat memiliki kompetensi tertentu agar siap untuk bekerja.

BACA JUGA:

Kolaborasi antara Alibaba Cloud dan Kartu bertujuan untuk melatih sekitar 2.000 talenta dalam materi yang berkaitan dengan cloud computing dan big data selama fase pertama program. 

Dalam konferensi AI yang diadakan di Jakarta pada hari Rabu (10/07/2024), Sean Yuan General Manager Alibaba Cloud Indonesia menjelaskan pentingnya talenta-talenta lokal untuk bisa mengembangkan teknologi AI.

“Dengan membina talenta-talenta lokal, akan ada pengaruh terhadap mudahnya penerapan atau adopsi kecerdasan buatan di Indonesia,” ujar Yuan.

Pelatihan ini dirancang untuk membekali angkatan kerja Indonesia dengan keterampilan dan pengetahuan yang esensial untuk beradaptasi di ekonomi era digital. 

Melalui program ini pun, para peserta akan mendapatkan kesempatan untuk memahami dan menguasai teknologi cloud dan big data, yang merupakan fondasi penting bagi perkembangan AI.

Lalu, dengan adanya program pelatihan ini, Alibaba Cloud dan Kartu Prakerja berusaha menciptakan angkatan kerja yang siap menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di dunia digital yang terus berkembang. 

Partisipasi dalam program ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing individu di pasar kerja, serta memberikan kontribusi nyata terhadap perkembangan teknologi dan ekonomi di Indonesia.

Selain itu, inisiatif ini juga menunjukkan bahwa Alibaba Cloud dalam mendukung transformasi digital di Indonesia, tidak hanya melalui penyediaan teknologi canggih tetapi juga melalui pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. 

Program Kartu Prakerja Alibaba Cloud adalah langkah konkret untuk menciptakan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, di mana setiap individu memiliki kesempatan untuk berkembang dan berkontribusi.

BACA JUGA:

Dengan demikian, program Kartu Prakerja Alibaba Cloud bukan hanya tentang pelatihan teknis, tetapi juga tentang membangun masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.  [FY/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI