Kemkominfo Hadirkan 5G Showcase & Experience di MotoGP Mandalika

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyiapkan 5G Experience dan Showcase untuk para pengunjung di event MotoGP Mandalika 2022. Nantinya pengujung bisa merasakan langsung pengalaman menggunakan jaringan telekomunikasi 5G yang ada di Indonesia.

“Pengalaman berupa 5G Experience, Telkomsel menggunakan pita frekuensi eksisting-nya yaitu 2,1 GHz untuk layanan komersial 5G Experience pada sejumlah titik lokasi, baik di area sirkuit maupun hotel sekitarnya,” tutur Menkominfo, Johnny G. Plate.

Menurut Menteri Johnny, operator telekomunikasi Telkomsel dan XL juga secara bersama-sama akan menggunakan pita frekuensi 3,5 GHz untuk memperkuat 5G Experience, khususnya bagi pengunjung yang berada di sekitar sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Telkomsel Ajak Nonton Gratis MotoGP Mandalika

“Bagi pengunjung agar dapat menikmati layanan 5G, maka harap dipastikan smartphone yang digunakan mendukung untuk layanan 5G di pita frekuensi 2,1 GHz (band n1) dan 3,5 GHz (band n77 dan n78). Selain itu, juga agar dipastikan SIM card telah upgrade menjadi uSIM,” jelasnya.

Sedangkan pengalaman menikmati 5G Showcase akan disediakan oleh Telkomsel dan XL dengan menampilkan beberapa jenis potensi use case teknologi 5G. Itu meliputi Motorbike Augmented Reality (AR) Gaming, 360 degree camera untuk 5G Live Broadcasting, Drone, Smart Robot, AR Motorbike Engine Maintenance, dan Cloud Gaming bertema motor race.

Baca Juga: Jaringan 5G XL Axiata Jangkau Area MotoGP Mandalika

Lebih lanjut menurut Menteri Johnny, layanan 5G experience juga pernah digelar untuk event nasional. Contohnya Peluncuran Gerakan Bangga Buatan Indonesia di Labuan Bajo oleh Telkomsel, dan saat Pekan Olahraga Nasional XX Papua.

“Sekarang pada saat MotoGP kita siapkan 5G Experience melalui augmented reality yang akan digunakan oleh semua pengguna atau pemanfaatan jaringan telekomunikasi, agar mempunyai pengalaman 5G yang lebih baik,” jelasnya.

Janjikan Layanan Berkualitas Selama MotoGP Mandalika

Selain menghadirkan 5G Experience dan Showcase, dukungan kuat dari Kementerian Kominfo untuk MotoGP Mandalika 2022 tidak hanya untuk memperkenalkan sirkuit berskala internasional, tapi juga menyediakan layanan berkualitas,

“Sirkuit yang hebat dan perdana dijadikan ajang skala internasional. Tetapi juga layanan telekomunikasinya bagus, keramahtamahan Indonesia juga diwujudkan di sana, penginapan dan semuanya layanan yang tersedia juga bisa berlangsung dengan baik,” ungkapnya.

Baca Juga: Pemerintah Bangun Infrastruktur 5G di Mandalika

Menteri Johnny menegaskan pada hari H penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022, seluruh layanan telekomunikasi di sekitar sirkuit akan menjadi perhatian serius.

“Kita harus memastikan bahwa hari H itu tampilan dan ketersediaan kesiapan infrastruktur telekomunikasi kita prima. Karena apa? motor yang sedang balap kecepatannya tinggi, komunikasi antara tim dengan pembalap harus tidak terjadi interferensi, dan komunikasi lainnya yang penting sekali,” tambah Menteri Johnny.

“Kita harapkan bahwa kesan pembalap selama penyelenggaraan MotoGP baik adanya, kesan tim dan manajemen baik adanya, kesan penonton pun baik adanya,” pungkasnya. (HR/IF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0