Jaringan 4G XL Axiata Selimuti Kawasan Timur Indonesia

Telset.id, Jakarta – PT. XL Axiata Tbk (XL Axiata), memperluas jaringan 4G ke seluruh pelosok Indonesia. Dengan mengggunakan BTS USO 4G, XL memperluas jaringan 4G sampai ke Kawasan Timur Indonesia.

XL Axiata mengoptimalkan skema BTS Universal Service Obligation (USO), dan bekerja sama dengan Bakti Kominfo. Tujuannya untuk memberikan layanan 4G di sedikitnya 181 titik terpencil di Kepulauan Maluku dan Papua.

Menurut Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata I Gede Darmayusa, pengoperasian BTS USO 4G telah dimulai dari Desember 2019. Pengoperasian terus bertambah ke berbagai wilayah di Timur Indonesia sampai saat ini.

Baca juga: XL Axiata Business Solutions Resmi Dirilis, Ini 5 Layanannya

“Kami berupaya untuk turut menyediakan jaringan 4G hingga area-area pelosok di 14 kabupaten yang berada di Maluku yang mulai Halmahera di Utara, Maluku Tengah, hingga Kepulauan Aru,” ujar I Gede.

“Selain itu, kami juga mulai melayani 10 kabupaten di Papua dan Papua Barat yang rata-rata memiliki medan yang sulit,” ungkapnya melalui keterangan resmi pada Jumat (17/9/2021).

BTS USO 4G XL di Timur Indonesia

BTS USO 4G tersebar di berbagai wilayah Misalnya 83 titik BTS USO 4G tersebar di Provinsi Maluku Utara seperti Kabupaten Halmahera Selatan, Halmahera Barat, Halmahera Timur, Kepulauan Sula, Kota Tidore Kepulauan, dan Kabupaten Pulau Taliabu.

Di Provinsi Maluku ada 39 BTS USO 4G, tepatnya di Kabupaten Buru, Buru Selatan, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Maluku Tengah, Maluku Tenggara Barat, Seram Bagian Barat, dan Seram Bagian Timur.

Untuk di Provinsi Papua ada total 36 BTS USO 4G, berada di Kabupaten Boven Digoel, Mappi, dan Merauke. Sementara di Propinsi Papua Barat ada total 23 BTS USO, berada di Kabupaten Fakfak, Manokwari Selatan, Maybrat, Sorong, Sorong Selatan, Teluk Bintuni dan Teluk Wondama.

BTS USO 4G XL Axiata
Sebaran BTS USO 4G XL Axiata

Layanan internet 4G XL Axiata di kepulauan Maluku, serta Papua telah mulai beroperasi sejak Desember 2019. Sebagian besar titik lokasi BTS USO jaringan 4G tersebut berada di area yang sangat jauh dan sulit ditempuh, dari pusat pemerintahan baik di kabupaten atau pun provinsi.

Baca juga: XL Axiata Perluas Layanan 5G ke Luar Pulau Jawa

Gede berharap layanan 4G XL ini, membantu masyarakat untuk mendapatkan akses internet dan mendorong perekonomian.

“Semoga keberadaan ratusan infrastruktur jaringan 4G tersebut mampu mendorong produktivitas ekonomi dan memfasilitasi kebutuhan sosial warga sekitar, serta membuka keterisolasian mereka dari dunia luar,” harap Gede. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI