iPhone 14 Pakai eSIM, Begini Tanggapan XL Axiata

Telset.id, Jakarta – Apple telah mengganti penggunaan kartu SIM atau SIM fisik dengan teknologi eSIM di seluruh model iPhone 14. Sebagai operator seluler Indonesia, XL Axiata memberikan tanggapannya terkait penerapan teknologi eSIM ini. 

Perlu diketahui kalau seluruh mode iPhone 14, baik itu iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max tidak lagi memakai kartu fisik. Sebagai gantinya, perusahaan pimpinan Tim Cook itu menggunakan teknologi Embedded SIM atau eSIM.

Alasannya lagi-lagi karena teknologi tersebut lebih ramah lingkungan. Selain itu terdapat beberapa keuntungan lainnya seperti lebih aman, karena pencuri tidak bisa mencabut SIM dari perangkat HP sebab eSIM tertanam di perangkat.

Lalu bepergian akan sangat mudah karena pengguna akan dengan mudah dapat mengaktifkan eSIM yang sesuai dari negara yang mereka kunjungi. Kemudian eSIM memungkinkan pengguna untuk memiliki beberapa nomor telepon dan paket data sekaligus. 

BACA JUGA:

Sayangnya, masih banyak operator seluler yang belum memiliki teknologi tersebut. Di Indonesia sendiri baru Smartfren saja yang sudah menyediakan eSIM sejak tahun 2019, sementara operator lain belum menghadirkannya ke pelanggan dan salah satunya XL Axiata.

Dalam pertemuan dengan awak media pada Kamis (8/9/2022), Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O. Baasir mengakui kalau XL Axiata belum menyediakan layanan eSIM ke pelanggan.

Hanya saja, Marwan mengisyaratkan kalau XL Axiata akan membawa teknologi tersebut ke pelanggan di Tanah Air. Marwan tidak menuturkan kapan perangkat tersebut akan dirilis, tetapi saat ini teknologi tersebut masih dalam tahap uji coba.

“Tunggu tanggal mainnya,” ucap Marwan.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan kalau teknologi eSIM berbeda dari SIM fisik terutama dari segi distribusi dan edukasi. Harus ada aturan distribusi yang jelas serta sosialisasi ke masyarakat terkait teknologi tersebut.

BACA JUGA:

“Harus dipikirkan bagaimana mengatur tata niaga seperti bagaimana melakukan distribusi dan sebagainya karena eSIM pakai QR Code dan dilakukan secara online. Lalu dipikirkan pula mengenai edukasinya ke masyarakat,” jelas Marwan. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0