Indosat Jual Lebih dari 4.200 Tower Senilai Rp 10,8 Triliun

penjualan tower Indosat Ooredoo

Telset.id, Jakarta – Indosat Ooredoo melakukan aksi korporasi yang cukup besar di awal tahun 2021 ini. Indosat mengumumkan penandatanganan perjanjian jual dan sewa kembali dengan PT EPID Menara AssetCo untuk lebih dari 4.200 tower.

Penjualan tower dan sewa kembali kepada PT EPID Menara AssetCo atau Edge Point Indonesia diumumkan langsung oleh Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Ahmad Abdulaziz Al-Neama melalui konferensi pers virtual pada Selasa (30/03/2021).

“Hari ini kami mengumumkan penandatanganan perjanjian jual dan sewa kembali lebih dari 4.200 tower,” tutur Al-Neama.

Al-Neama mengatakan bahwa Indosat Ooredoo telah setuju untuk menjual tower dengan harga total USD 750 juta atau Rp 10,8 triliun termasuk penawaran tambahan. Hal ini yang menjadikan transaksi penjualan tower ini sebagai salah satu transaksi terbesar di Asia.

{Baca juga: Indosat Ooredoo Hadirkan Layanan Periklanan Digital Bernama iAds}

“Ini merupakan langkah penting bagi Indosat dan menjadi salah satu transaksi terbesar di Asia,” jelas Al-Neama.

Al-Neama menjelaskan Indosat menjual lebih dari 4.200 tower  kepada Edge Point Indonesia karena Indosat ingin mempercepatan peningkatan pelayanan kepada pelanggan. Selain itu penjualan ini juga untuk mengoptimalkan struktur modal perusahaan.

“Kami meningkatkan jumlah dana perusahaan, mempercepat peningkatan pelayanan kepada serta mengoptimalkan struktur modal perusahaan,” ungkap Al-Neama.

Selain itu penjualan menawara ini akan membuka permodalan untuk membangun momentum pertumbuhan Indosat Ooredoo yang solid melalui peningkatan lebih lanjut pada kinerja jaringannya dan peluncuran solusi-solusi digital baru yang inovatif.

{Baca juga: Tahun 2020, Pendapatan Indosat Ooredoo Tumbuh 6,9% Jadi Rp 27,9 T}

“Penjualan tersebut merupakan bagian dari strategi turnaround Indosat Ooredoo, yang telah memfokuskan kembali bisnis pada produk dan layanan digital serta berupaya menciptakan nilai yang optimal dari infrastrukturnya,” sambung Al-Neama.

Indosat Jual Tower ke Edge Point 

PT EPID Menara Assetco adalah anak perusahaan dari Edge Point Singapura di Indonesia, yang dimiliki sepenuhnya oleh Digital Colony, investor infrastruktur digital global dan berpengalaman terkait kepemilikan dan  pengoperasian menara seluler.

PT EPID Menara Assetco atau Edge Point Indonesia dinyatakan sebagai pemenang tender dari proses tender kompetitif yang dilakukan oleh Indosat Ooredoo.

Transaksi ini diharapkan selesai pada kuartal 2 tahun 2021, dengan tunduk pada persyaratan umum, termasuk persetujuan pemegang saham dari Indosat Ooredoo pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang direncanakan diadakan pada tanggal 6 Mei 2021.

Jual Tower Indosat Ooredoo
Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Ahmad Abdulaziz Al-Neama (Kanan).

Kemudian sebagai bagian dari perjanjian, Indosat Ooredoo akan menyewa kembali menara-menara tersebut untuk jangka waktu 10 tahun untuk memenuhi persyaratan yang berlaku.

“Kami yakin bahwa perjanjian sewa kembali, dengan persyaratan menarik, akan terus memenuhi kebutuhan menara kami yang sedang berjalan,” kata Al-Neama.

“Modal yang telah kami buka akan memberikan amunisi lebih lanjut untuk menggerakkan momentum pertumbuhan kami di tahun 2021. Indosat dan Edge Point Indonesia akan terus bekerja sama  dan membangun kerjasama strategis jangka panjang,” tambahnya.

Sedangkan CEO Edge Point Group Suresh Sidhu menyambut baik transaksi tersebut. Menurutnya transaksi ini memperkuat kemitraan antara Indosat dan Edge Point di Indonesia.

{Baca juga: Indosat Ooredoo Raih Penghargaan Internasional dari OpenSignal}

“Kami sangat senang dapat semakin memperkuat kemitraan strategis kami dengan Indosat Ooredoo, yang telah berkembang selama beberapa tahun. Kesepakatan ini adalah salah satu yang terbesar di Asia,” tutup Suresh.

Semoga saja perjanjian penjualan dan sewa kembali yang dilakukan Indosat dapat berdampak positif bagi perusahaan khususnya pelayanan kepada pelanggan. [NM/HBS]

Previous article15 HP Samsung NFC Terbaru dan Terbaik 2021, Makin Murah!
Next articleHarga dan Spesifikasi Redmi Note 10 Series di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here