Home NEWS TELKO Facebook Indonesia Sebut Kunci Transformasi Digital adalah Kolaborasi

Facebook Indonesia Sebut Kunci Transformasi Digital adalah Kolaborasi

Country Director Facebook Indonesia Peter Lydian (Foto : Telset)

Telset.id, Jakarta – Mendorong transformasi digital tahun 2021 tidak bisa seorang diri. Menurut Facebook Indonesia, perlu kolaborasi antar perusahaan teknologi supaya transformasi digital dapat bergerak maksimal.

Melalui diskusi yang berjudul “Digital Transformation 2021 Outlook” yang dilakukan secara virtual pada Kamis (14/01/2021) Country Director Facebook Indonesia Peter Lydian menjelaskan bahwa kunci terkait transformasi digital di Indonesia adalah kolaborasi.

Menurutnya mendorong transformasi digital tidak bisa dilakukan satu perusahaan saja, namun harus dilakukan bersama-sama antar perusahaan supaya transformasi bisa semakin maksimal.

{Baca juga: Desain Ulang, Facebook Hapus Tombol Like dari Halaman Publik}

“Salah satu solusi untuk transformasi digital adalah bekerja sama. Dengan bekerja sama atau kolaborasi kita dapat mendorong transformasi digital dan membangun ekosistem digital,” tutur Peter.

Lebih lanjut, di tahun 2021 transformasi digital harus dilakukan karena dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Hal ini karena tahun 2021 Indonesia dan dunia masih dilanda pandemi Covid-19 sehingga semua harus dilakukan secara digital.

“Di tengah pandemi, seberapa cepat orang di seluruh negeri dapat mengakses perangkat digital menjadi semakin penting untuk membantu mempercepat pembelajaran dan pertumbuhan ekonomi,” tuturnya.

Facebook sendiri saat ini telah melakukan kolaborasi dengan perusahaan telekomunikasi seperti Indosat Ooredoo dan GSMA. Salah satu bentuk kolaborasinya yakni program Internet 1O1.

Program ini telah berjalan sejak 2019 hingga  Mei 2020 berhasil memberikan pelatihan untuk 1,4 juta masyarakat di 4.578 desa. Melalui Internet 101, Facebook membantu pengguna internet pertama kali mendapatkan pengalaman internet dengan maksimal.

Selain itu program tersebut berhasil membantu pengguna dalam mengembangkan usaha mereka dari offline ke online sehingga bisa bertahan di masa pandemi.

{Baca juga: Cara Praktis Cek Nomor Indosat Ooredoo di Android dan iOS}

“Melalui program Internet 101, kami ingin membangun komunitas dan membawa mereka untuk terhubung satu sama lain secara online. Menurut saya membangun komunitas lokal menjadi sesuatu yang sangat penting,” ujar Lydian.

Industri Telekomunikasi Berperan Penting 

Kolaborasi antar perusahaan dapat semakin maksimal jika ditopang dengan jaringan internet dari pelaku industri telekomunikasi khususnya operator seluler.

Hal ini karena operator seluler memiliki jaringan internet sehingga dapat membantu masyarakat untuk tetap terkoneksi.

Menurut Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha jaringan internet dari pelaku industri telekomunikasi menjadi sangat penting dalam melakukan transformasi digital di Tanah Air.

“Kami percaya bahwa industri telekomunikasi adalah kunci sukses transformasi digital untuk menghidupkan kembali perekonomian Indonesia di tengah pandemi,” tutur Vikram.

Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha (Foto : Telset)

Melalui jaringan internet yang stabil dan merata, transformasi digital dilakukan dengan lebih maksimal.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga HP Terbaru 2020}

“Konektivitas jaringan dapat membantu transformasi digital dari offline to online bisa semakin nyaman dan memberikan keuntungan bagi masyarakat,” tutup Vikram.

Kolaborasi perusahaan dan jaringa internet dari pelaku industri telekomunikasi menjadi dua unsur yang penting dalam melakukan transformasi digital di Indonesia pada tahun 2021 ini. [NM/HBS]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here