Elon Musk Ingin “Tarif” ke Mars Lebih Terjangkau

Telset.di, Jakarta – Bukan rahasia lagi jika CEO Tesla Elon Musk memiliki mimpi untuk membuat koloni manusia di planet Mars. Untuk itu, dia pun membuka perusahaan privat yang bernama SpaceX. Musk ingin memangkas “tarif” perjalanan ke Mars, sebagai upaya mewujudkan mimpinya tersebut.

Kendala biaya menjadi salah satu hambatan untuk bisa mewujudkan mimpi Elon Musk. Dia mengakui, biaya untuk membuat koloni di Mars memang tidak murah. Musk memperkirakan setidaknya butuh USD 10 miliar atau sekitar Rp 133 triliun untuk memindahkan 12 orang untuk memulai koloni.

Dia mengatakan bahwa untuk menciptakan koloni manusia yang baik di planet Mars, maka setidaknya biaya yang dibutuhkan untuk membuat koloni tersebut harus jauh lebih murah.

“Jika kita bisa membuat biaya ke Mars setidaknya sekitar USD 200.000 (atau sekitar Rp 2,6 miliar), saya pikir kemungkinan membentuk peradaban baru (di Mars) kemungkinannya sangat tinggi,” ujar dia seperti dikutip dari laman Ubergizmo.

Untuk mewujudkan mimpinya tersebut, Musk telah menyusun beberapa strategi. Salah satunya adalah dengan membuat pesawat luar angkasa SpaceX yang dapat menjelajah luar angkasa berulang kali.

Musk mengatakan bahwa dia memiliki target untuk mewujudkan visinya dalam kurun waktu 10 tahun. Namun dia mengatakan untuk tidak berbicara banyak dulu sebelum dia menemukan cara untuk melakukan hal tersebut.

“Saya tak mau mengatakan kapan pastinya ini bakal terjadi,” pungkas pria yang masuk jajaran orang terkaya di dunia itu. [NC/HBS]

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI